Fitur-fitur Terbaru Windows 10 Technical Preview


Seperti yang kita ketahui, Windows 10 adalah nama dari sistem operasi terbaru dari microsoft. Windows 10 sebelumnya dikenal dengan nama Windows 9, Windows Theshold atau Windows TH. Windows Theshold adalah code nama untuk Windows 10, sama seperti Longhorm merupakan code nama untuk Windows Vista dan Whistler adalah code nama untuk Windows XP.

Windows 10 masih menggunakan basis Windows 8, jadi anda akan melihat kemiripan tampilan antara Windows 10 dengan Windows 8 dan Windows 8.1. Tetapi pihak microsoft telah mengubah banyak hal dan menanamkan banyak fitur yang sangat berguna dan terbaru di Windows 10 yang akan sangat memudahkan para penggunanya.

Akhir-akhir ini Microsoft merilis versi percobaan untuk Windows 10 mereka yang disebut dengan Windows 10 Technical Preview. Bagi anda yang mau mencobanya bisa Download disini. Download Windows 10 Technical Preview.

Berikut ini  beberapa fitur baru yang ada di Windows Windows 10 Technical Preview

1. Kembalinya Start Menu

Setelah begitu banyak permintaan agar pihak microsoft mengembalikan start menu pada versi Windows selanjutnya, Akhirnya mereka memutuskan untuk menambahkan tombol start yang berfungsi sama seperti yang ada di Windows 7. Windows 10 hadir dengan 2 model start menu yaitu start menu standard seperti di windows 7 dan start menu "Metro Style" seperti yang ada di windows 8 dan 8.1. Pengguna bisa memilih untuk menggunakan yang mana. Start menu di Windows 10 terdapat menu All Programs yang sama dengan srat menu di windows 7 dengan tampilan Live Title. Seperti gambar dibawah ini:


Untuk Mengetahui cara mengganti antara Start Menu dan Metro Style bisa menuju link berikut:

2. Aplikasi Metro (Modern) Berjalan Di Desktop dengan Mode Jendela

Di Windows 10, aplikasi Metro Berjalan dengan mode Jendela di Desktop, sama dengan aplikasi lain, seperti Microsoft Office, dll. Ketika anda menjalankan aplikasi Toko (Store), Aplikasi tersebut akan terbuka di jendela baru di desktop dengan title bar sama seperti aplikai Desktop lainnya.

Juga Termasuk semua pilihan seperti tombol minimize, maximize, restore dan close. Seperti dalam gambar dibawah ini:


3. Virtual atau Multi Desktop

Ini merupakan salah satu fitur yang menarik dan sangat berguna yang di perkenalkan di dalam Windows 10. Microsoft telah menambahkan fitur Virtual/multi desktop di Windows 10 yang berfungsi untuk memberikan pengguna untuk memiliki lebih dari satu Desktop dalam waktu bersamaan. Pengguna Linux telah menikmati fitur ini sejak lama.

Di Windows 10 terdapat tombol baru, yaitu "Task View" di Taskbar yang berfungsi untuk menambahkan multi Desktop. Klik pada tombol tersebut dan tekan tombol WIN+TAB pada keyboard anda secara bersamaan dan akan muncul tampilan di desktop anda dimana anda dapat menambahkan Desktop lainnya.


4. Sedikit Perubahan Pada Tampilan Tema

Ada beberapa perubahan tema di Windows 10, seperti:

  • Thin borders in program windows
  • New shadow effect in window borders
  • Some new icons such as This PC, Network, Homegroup, Explorer, Desktop, etc.
  • New Home page containing shortcuts to favorites, frequent folders and recent files



Sepertinya microsoft juga akan menambahkan tampilan icon flat di veri final Windows 10 nanti.


5. Tidak Ada Charm Bar di Desktop

Nampaknya pihak microsoft telah memutuskan untuk menonaktifkan Charm Bar pada Desktop di Windows 10. Charm Bar hanya akan ada di perangkat yang memakai layar sentuh. Di PC dan Laptop, pengguna akan mendapatkan menu yang terpisah di titlebar, yang terdapat semua pilihan seperti Charm bar sekarang.

6. Perbaikan di CMD

Perbaikan Command Promt alias CMD di Windows 10 telah di tingkatkan. Microsoft telah menambahakan beberapa fitur seperti text wrapping on resize, CRTL hotkeys, dll.


7. Tambilan Baru ALT+TAB

Microsoft juga telah meningkatkan tampilan ketika pengguna menekan tombol "Alt+Tab" pada keyboardnya. Jika anda menekan tombol Alt+Tab secara bersamaan, maka akan memunculkan tampilan full screen yang berisi thumbnail yang besar dari program yang sedang berjalan.


8. Perbaikan di Fitur Aero Snap

Fitur Aero Snap telah di perkenalkan sebelumnya di Windows 7 dimana anda bisa melakukan minimize, maximize atau resize tampilan jendela sebuah program dengan hanya menarik bagian sudut layar.

Fitur ini telah di perbaiki di Windows 10. Sekarang di Windows 10 anda dapat membagi layar anda menjadi 4 bagian dengan menggunakan fitur aero snap ini.



9. Notofication Center

Microsoft juga menambahkan tampilan notofikasi seperti pada tampilan Android dan Windows phone di Windows 10 ini. Yang akan memberikan notifikasi kepada pengguna tentang aktifitas baru di Metro Sytle (modern) app.

Saat ini salah satu contoh dari tampilan baru Notifikasinya adalah tampilan Notifikasi pencabutan Flash Disk pada bagian atas layar.


10. Cortana

Microsoft juga menambahkan fitur Cortana seperti yang terdapat pada Windows Phone di Windows 10 ini. Cortana dapat berbica dan mengerjakan beberapa perintah dasar ketika pengguna mengetik atau berbicara untuk memerintahkan sesuatu. Mirip seperti di Windows Phone.

Pada saat ini, cortana belum berfungsi di Windows 10 Technical preview. tetapi akan di terapkan di versi berikutnya atau di versi final Microsoft Windows 10.

Demikianlah Beberapa Fitur Baru Di Windows 10. Ini merupakan translate dari artikel berbahasa inggris yang terdapat di Asvg.com. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam translate. Terimakasih telah membaca, jangan lupa share :)

Sumber Asvg.com

0 Response to "Fitur-fitur Terbaru Windows 10 Technical Preview"

Post a Comment