Cara Memperbaiki Sound Mute Di Kali Linux

Fix Sound Mute Audio Problem In Kali Linux


Para Linuxer yang sering memakai aplikasi Pentesting pasti sudah mengenal Kali Linux, Distro Linux yang dikhususkan untuk melakukan kegiatan Pentesting terhadap sebuah sistem yang ada.

Dengan segala kelebihannya Distro ini sangat digemari oleh penggunannya yang mengingikan hal-hal yang mampu memacu adrenalin dalam peggunaan komputer, seperti hacking, cracking dan sejenisnya.

Dengan semua kegiatan Pentesting yang ada, Kali Linux menyediakan Tool yang dibutuhkan untuk memudahkan pengunanya dalam melakukan aktivitasnya. Kali Linux menyediakan Tool Pentesting kurang lebih 300 tool yang sudah terpasang didalam sistemnya dan siap untuk digunakan.

Kali Linux tergolong stabil karena dikembangkan dari Distro Debian, yaitu salah satu Distro yang juga sering dijadikan sebagai sistem operasi Server karena memiliki kesetabilan dan dalam melakukan tugasnya. Oleh karena itu pihak pengembang Kali Linux berpindah menggunakan Debian sebagai basisnya yang sebelumnya memakai Ubuntu 10.04 yang diberi nama BackTrack.

Dengan  memeiliki kelebihan yang istimewa dibandingkan dari Distro Linux biasa, Kali Linux juga tidak luput dari kekurangan, salah satu kekurangan Kali Linux ialah Sound Speaker yang secara Default dalam keadaan Mute atau Bisu, sehingga membuat penggunanya harus mengeset ulang setiap kali menghidupkan PC. Oleh karena itu, disini saya menawarkan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara ini terbukti ampuh untuk memperbaiki masalah sound audio pada Kali Linux 1.0 Moto dan 2.0 Sana. Saya tidak tau pasti apakah cara ini bisa juga bekerja pada Kali Linux 2016.1 dan 2016.2. Tapi anda jangan panik jika tidak berhasil pada Kali Linux 2016.1 dan 2016.2 anda, saya sudah membuat caranya dibawah cara yang satu ini.

Lebih lanjutnya, ikuti langkah-langkah untuk memperbaiki sound atau suara pada Kali Linux

  • Buka terminal kesayangan anda, kemudian ketikkan perintah:
apt-get install alsa-utils
  • Setelah proses instalasi selesai maka sekarang ketikkan perintah:
alsamixer
  • Tidak lama kemudian akan keluar jendela PulseAudio Manager yang berguna untuk mengatur segala hal yang berhubungan dengan sound, tekan tombol Esc jika anda ingin keluar.
Fix Sound Mute Audio Problem In Kali Linux

  • Setelah pengaturan sound selesai, sekarang untuk menerapkan pengaturan tersebut, maka ketikkan perintah:
alsactl store
  • Kemudian, jika anda ingin menerapkan pengaturan ini waktu booting, maka aturlah pada Startup Manager aplikasi yang terletak pada Aplications > System Tools > Preferences > Startup Application.
  • Setelah anda mendapatinya, maka akan muncul jendela Startup Application, kemudian klik tombol "Add", setelah keluar jendela "Edit Startup Program" kemudian berikan nama "Sound" pada kolom "Name" dan berikan perintah "/usr/bin/pulseaudio" pada kolom "Command", seperti gambar dibawah ini.


Fix Sound Mute Audio Problem In Kali Linux

  • Setelah semuanya diatur dengan baik, langkah terakhir adalah Reboot atau Restart komputer anda.

Dan sekarang anda sudah bisa tenang karena sudah bisa menyelesaikan masalah Sound pada Kali Linux.

Masalah Sound Mute juga berlanjut pada Kali Linux Rolling 2016.1 juga 2016.2, apakah PulseAudio tidak cocok untuk dijadikan sebagai Audio Manager di Kali Linux atau apalah, yang jelas saya kurang tau masalah itu. Walaupun Linux ini baru di Release, tapi tetap saja masalah Sound Mute masih mengikuti pendahulunya. Masalah ini memang tergolong Fatal yang harus cepat di selesaikan.

Untuk menyelesaikan masalah Sound Mute pada Kali Linux 2016.1 dan 2016.2, saya menawarkan 2(dua) solusi, tergantung anda memilih yang mana terbaik untuk anda. 

Jadi,langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini jika anda ingin menyelesaikan masalah Sound Mute pada Kali Linux 2016.1 ataupun 2016.2.


CARA KESATU:


Buka terminal Kali Linux 2016.1 atau 2016.2 kesayangan anda, kemudian ketikkan perintah:
apt-get install alsa-utils
setelah proses instalasi selesai maka sekarang ketikkan perintah:
alsamixer
Tidak lama kemudian akan keluar jendela PulseAudio Manager yang berguna untuk mengatur segala hal yang berhubungan dengan sound, tekan tombol Esc jika anda ingin keluar.
Fix Sound Mute Audio Problem In Kali Linux

  • Setelah pengaturan sound selesai, sekarang untuk menerapkan pengaturan tersebut, maka ketikkan perintah:
alsactl store
  • Kemudian, untuk menjalankan ulang PulseAudio, maka anda perlu mematikannya terlebih dahulu dengan mengetikkan perintah:
killall pulseaudio
  • Setelah itu, sekarang jalankan kembali PulseAudio dengan mengetikkan mengetikkan perintah:
pulseaudio -D
  • Setelah itu, anda bisa melihat Icon Sound pada kanan layar Kali Linux 2016.1 atau 2016.2
Fix Sound Mute Audio Problem In Kali Linux

Kemudian lakukan Reboot atau Restart kepada komputer anda.
Semoga setelah menjalankan perintah tersebut diatas, Sound Kali Linux 2016.1 atau 2016.2 anda tidak lagi mengalami masalah lagi pada PulseAudio.
Jika cara ini tidak bekerja disaat Booting Kali Linux 2016.1 atau 2016.2, maka anda bisa membuatnya berjalan pada waktu Booting dengan cara yang sama seperti diatas yang saya sebutkan pada Cara Memperbaiki Sound Kali Linux 1.0 Moto dan 2.0 Sana.


CARA KEDUA

Jika cara kesatu diatas tidak juga bisa mengatasi masalah Sound Mute pada Kali Linux 2016.1 atau 2016.2, maka saya punya solusi yang ampuh untuk itu.
  • Buka lagi terminal Kali Linux 2016.1 atau 2016.2 cantik anda. Untuk mengaktifkan PulseAudio, maka ketikkan perintah:
pulseaudio -D
  • Kemudian, untuk menghidupkan PulseAudio secara permanent, maka masukkan perintah:
systemctl --user enable pulseaudio && systemctl --user start pulseaudio
Fix Sound Mute Audio Problem In Kali Linux

  • Sekarang restart perangkat komputer anda.
Setelah memasukkan perintah tersebut diatas maka Kali Linux 2016.1 atau 2016.2 maka Pulseaudio anda akan aktif secara permanent.

Jika cara ini tidak bekerja disaat Booting Kali Linux 2016.1 atau 2016.2, maka anda bisa membuatnya berjalan pada waktu Booting dengan cara yang sama seperti diatas yang saya sebutkan pada Cara Memperbaiki Sound Kali Linux 1.0 Moto dan 2.0 Sana.

Oke sekian saja postingan saya pada kali ini, mudah-mudahan ini bisa bermanfaat bagi penulis dan terutamanya bagi pembaca.

Masukkan yang sifatnya membangun sangat saya harapkan sebagai dorongan kepada penulis untuk membuat postingan yang lebih baik untuk kedepannya.


0 Response to "Cara Memperbaiki Sound Mute Di Kali Linux"

Post a Comment