Mahasiswa di Negeri Seribu Warung Kopi

Mahasiswa Di Negeri 1000 Warung Kopi


        
     Membaca judul postingan ini mungkin anda sudah sedikit penasaran dengan apa yang sebenarnya ada pada kontennya, sebenarnya postingan ini berisikan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa yang ada di Aceh (Banda Aceh) pada saat berada di warung kopi, yaitu sebuah kegiatan bermain internet selayaknya WARNET, kok warung kopi di jadiin WARNET (Warung Internet) sih, padahal warung kopi kan untuk minum kopi?, pertanyaan itu pasti terlintas di pikiran anda. Sebenarnya bukan warung kopinya yang beralih fungsi menjadi sebuah WARNET, tapi melainkan hampir semua pemilik warung kopi yang ada di Aceh (Banda Aceh) sudah berlangganan layanan internet dari Telkom dengan memasang Wi-Fi gratis di warung kopi mereka, nah siapa sih yang tidak ingin gratis?, dengan itu membuat mahasiswa di Aceh (Banda Aceh) menjadi tertarik untuk duduk di warung kopi dan memamfaat layanan internet gratis tersebut untuk hal-hal yang dianggap perlu dikerjaan, yang memang menjadi tujuan para pemilik warung kopi tersebut, yaitu meramaikan pelanggan warung kopi mereka agar meraih keuntungan yang banyak. Warung kopi memang ramai di duduki oleh mahasiswa, karena di Banda Aceh banyak Perguruan Tinggi yang terkenal di Aceh, jadi tidak heran kalau mahasiswa Aceh banyak berada di Banda Aceh.

     Kenapa mahasiswa Aceh (Banda Aceh) sering duduk di warung kopi?, sebenarnya bukan semua mahasiswa yang Banda Aceh sih yang sering duduk di warung kopi, tapi rata-rata mahasiswa Banda Aceh sekarang pasti ada duduk di warung kopi, walaupun hanya sekali, biasanya mahasiswa yang membutuhkan layanan internet yang duduk di warung kopi untuk mengerjakan tugas mereka, tapi tugas kan bisa dikerjakan dirumah atau ditempat lain?, petanyaan seperti itu memang pantas dilontarkan, sebenarnya tidak semua tugas bisa dikerjakan dirumah dan tidak semuanya tugas bisa dikerjakan di warung kopi, itulah jawaban atas pertanyaan tersebut. Warung kopi di Banda Aceh bagaikan jamur di musim hujan, dengan kata lain warung kopi yang ada di Banda Aceh jumlahnya sangat banyak, hampir di sepanjang jalan Banda Aceh anda bisa menemukan warung kopi, apalagi di daerah yang banyak mahasiswanya, itulah Aceh (Banda Aceh) sering di sebut dengan sebutan "Negeri Seribu Warung Kopi" dan juga terkenal dengan cara penyeduhan kopinya juga terbilang unik.

   Untuk mengetahui lebih detail "Apa kegiatan mahasiswa di warung kopi?", berikut ini saya paparkan menurut pengalaman saya:

1. Bermain internet

Mahasiswa di Negeri Seribu Warung Kopi


   Sebagaimana yang sudah saya sebutkan pada paragraf pertama, sudah barang tentu kegiatan itu yang dilakukan oleh mahasiswa yang duduk di warung kopi, tapi tunggu dulu, bermain di internet kan dalam sebutan umum, nah apa kegiatan yang dilakukan mahasiswa saat terkoneksi ke internet, berikut saya akan kategorikan berdasarkan pengalaman saya sendiri:

  • Membuka Social Media
Mahasiswa di Negeri Seribu Warung Kopi
 

    Siapasih yang tidak kenal Facebook dan Twitter, media sosial yang sangat terkenal di dunia tersebut sering dibuka yang pertama kali oleh mahasiswa sebelum melakukan hal yang lain untuk, baik itu untuk mengecek pemberitahuan, mengupdate status, upload, download, bermain game, mecari teman, menambahkan teman, ataupun mengundang teman. Tapi saya sendiri sering melihat pemberitahuan saja lalu kemudian log out, baik itu pemberitahuan Grup ataupun ataupun dari teman, sebab pemberitahuan Grup facebook sangat berguna bagi saya, apalagi ada pemeritahuan dari grup facebook kampus, salah-salah saya bisa ketinggalan informasi penting dari kampus, karena kampus kami menerapkan sistem cyber dan bukan memakai majalah dinding lagi. Itulah yang dilakukan oleh mahasiswa saat membuka sosial media mereka, walaupun mungkin ada hal yang lainnya.

  • Mengerjakan Tugas
Mahasiswa di Negeri Seribu Warung Kopi


    Tidak dipungkiri lagi jaman sekarang sudah canggih, bagaimana tidak, dulunya mengerjakan tugas melalui buku, tapi sekarang sudah menggunakan E-Book (Electronic Book) atau Buku Elektronik, bahkan hanya mencari di Google dan tugas yang dicari sudah ditemukan dalam hitungan detik, bagaimana tidak, tugas yang dicari memang sudah tersedia di mesin pencarian Google karena sudah ada yang men-share atau memposting baik itu dalam bentuk E-Book maupun Sistem Informasi seperti Website, canggihnya bukan main kan. Hasil yang ditemukan juga bisa di salin dan dicetak lalu tugas selesai dengan mudah, tapi masalah yang ditimbulkan dari hasil menyalin tugas dari internet adalah mahasiswa menjadi malas berfikir untuk membuat tugas yang disalin tadi menjadi sedikit berbeda, dengan kata lain hanya murni copy-paste, bahkan yang paling disayangkan sebagian mahasiswa tidak lagi membaca tugas hasil salinan tadi melainkan langsung mecetaknya.

  • Mengerjakan Proyek
Mahasiswa di Negeri Seribu Warung Kopi


    Mengerjakan proyek? seperti kontraktor saja hahaha, tapi itulah yang juga dilakukan sebagian mahasiswa, apalagi mahasiswa Teknik, pasti ada proyek yang menghampiri mereka apabila mereka mempunyai kecerdasan dan keahlian, seperti mendesain bagunan, merancang mesin, membuat robot, merancang dan membuat sistem informasi, dan lain sebagainya. Mungkin akan banyak lagi proyek yang bisa di kerjakan mahasiswa, itupun tergantung kesiapan diri. Hubungannya Proyek tersebut dengan Internet adalah di Internet kita bisa menemukan apa saja yang anda cari, jadi di internet kita sumber referensi ataupun mencari Teknik yang dilakukan untuk menyelesaikan proyek yang sedang kita tangani.

  • Menulis artikel Blog Atau Website
Mahasiswa di Negeri Seribu Warung Kopi


    Satu lagi yang tidak boleh anda lewatkan, yaitu tentang penulisan artikel, mahasiswa pasti juga tidak asing dengan Blogger, bagamana tidak mahasiswa yang suka menulis dan ingin mencari uang dari internet jawabannya adalah menjadi "Blogger", hitung-hitung bisa bermamfaat bagi orang lain dan juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan kegiatan yang kita kerjakan. Cara menjadi Blogger gampang sekali, hanya dengan mendaftarkan diri dan membuat sebuah Blog ke situs www.blogger.com anda sudah tergolong menjadi seorang Blogger, tapi dengan syarat anda bisa memposting artikel kedalam blog anda kalau tidak anda tidak bisa menjadi seorang blogger apalagi menghasilkan uang dari blog anda. Ngomong-ngomong menghasilkan uang dari Blog atau Website, anda bisa membaca artikel saya "Shotest: Penyingkat URL Dengan Bayaran Tertinggi" dan "AdsOptimal: Adiknya si Google Adsense", didalam artikel tersebut anda bisa mengetahui bagaimana mudahnya menghasilkan uang dari Blog atau Website. 


2. Berkumpul bersama Teman-teman


Mahasiswa di Negeri Seribu Warung Kopi


    Warung kopi juga menjadi tempat berkumpul dengan teman, bagaimana tidak, mengingat warung kopi banyak di Banda Aceh pasti tempat tersebut juga dijadikan tempat ngumpul bersama teman-teman, apalagi lagi musim Bola Liga dan yang paling diminati adalah Liga Iggris, warung kopi seakan kelebihan muatan karena pelanggannya sudah over atau berlebih, biasanya itu terjadi pada malam-malam tertentu seperti malam minggu. Secara keseluruhan selain "Bermain Internet" seperti yang saya sebutkan diatas berikut yang juga sering dilakukan mahasiswa di Warung Kopi:

  • Makan dan Minum

Mahasiswa di Negeri Seribu Warung Kopi


   Warung kopi yang ada di Banda Aceh tidak serta merta hanya menyediakan secangkir kopi hangat, tapi Warung Kopi di Banda Aceh memiliki multi-fungsi atau banyak fungsi, bisa juga jadi Rumah Makan yang menyediakan kuliner khas Aceh, seperti mie Aceh paling banyak disediakan di warung-warung kopi di Banda Aceh. Biasanya mahasiswa yang lagi kedatangan bulan, eh salah bulan, kedatangan kiriman bulanan maksudnya hehehe, atau kantong lagi tebal akan sesekali menikmati kuliner yang tersedia di warung kopi.

  • Nonton Bola
Mahasiswa di Negeri Seribu Warung Kopi


    Sudah barang tentu nontonnya di Warung sih, di rumah mana enak, teriak golnya kurang seru, apalagi ada tetangga yang mengingatkan "Anak saya lagi tidur" hahaha, kan nonton bolanya jadi nonoton film horror. Tapi kalau nonton bolanya di warung kopi, teriak Golnya lebih gimana gitu hahaha, yang pasti lebih seru lah. Pada malam pertandingan bola biasanya warung kopi akan di dominasi oleh para pemuda, dan termasuk didalamnya mahasiswa.

  • Buka bareng
Mahasiswa di Negeri Seribu Warung Kopi


   Tiba saatnya bulan puasa, warung kopi juga dijadikan sebagai tempat untuk berbuka bersama teman-teman atau reunian bersama teman-teman sekolah dulu, seperti yang saya sebutkan diatas, warung kopi di Banda Aceh juga menyediakan berbagai macam kuliner yang siap anda cicipi.

  • Ngobrol bersama teman-teman
Mahasiswa di Negeri Seribu Warung Kopi


    Berkumpul bersama teman-teman pasti didalamnya ada obrolan yang dilakukan, yang di omongin macam-macam, baik itu urusan pribadi, ataupun urusan orang lain, yaaa, cukup tau ajalah, namanya aja ngobrol kan.

  • Menyusun Rencana
Mahasiswa di Negeri Seribu Warung Kopi


    Untuk mahasiswa yang mempunyai bisnis bersama temannya, pasti akan menyusun rencana untuk kedepannya agar lebih baik atau menghasilkan pendapatan yang lebih banyak, untuk yang satu ini saya tidak bisa mengatakan seperti apa karena rencana orang siapa yang tau hehehe.


    Kesimpulannya warung kopi yang berada di Banda Aceh tidak hanya dijadikan sebagai tempat untuk minum kopi, warung kopi di Banda Aceh juga memiliki multi-fungsi atau banyak fungsi seperti warnet, rumah makan, nonton bola, tempat nongkrong dan yang pastinya bukan tempat untuk balapan hahaha. Hubungan mahasiswa dengan warung kopi sangatlah dekat karena mahasiswa membutuhkan layanan internet yang ada di warung kopi di Banda Aceh, tapi bukannya mahasiswa hanya bisa memakai layanan internet di warung kopi melainkan layanan internet bisa di akses di mana saja, baik dirumah maupun di tempat lain asalkan ada modem dan belangganan kepada operator penyedia layanan internet, internet akan bisa dinikmati siapa saja. Satu lagi, jangan beranggapan semua mahasiswa yang duduk di warung kopi Banda Aceh adalah mahasiswa yang malas, tapi berfikiranlah bahwa dengan adanya warung kopi + Wi-Fi atau layanan internet gratis sangat membantu mahasiswa mengerjakan apa yang menjadi tugas untuk mereka, baik itu tugas kuliah maupun tugas lainnya.

0 Response to "Mahasiswa di Negeri Seribu Warung Kopi"

Post a Comment