Custom ROM Android Terbaik


Sebelum anda mengetahui apa-apa saja Custom ROM Android Terbaik, ada baiknya anda berkenalan dulu dengan pengertian ROM dan Custom ROM, supaya lebih akrab #LOL

ROM

Istilah ROM pastinya sering pula Anda dengar dan baca, ROM sendiri merupakan singkatan dari Read Only Memory yang apabila didefinisikan adalah media penyimpanan file sistem di mana jenis data yang terkandung di dalamnya tidak dapat diisi, di-edit atau dibuat melainkan hanya dapat dibaca serta bersifat tidak mudah hilang atau permanen.

Itu perbedaan mendasar antara ROM dan RAM, jika ROM hanya bisa dibaca sebaliknya RAM sangat bisa diisi dengan data sewaktu-waktu. Data dalam ROM dapat dimodifikasi hanya dengan prosedur yang namanya flashing. Prosedur flashing membutuhkan pemahaman yang baik akan sistem operasi, sehingga tidak akan kita bahas secara mendalam di ulasan kali ini.

Custom ROM

Pada dasarnya tidak ada perbedaan definisi antara custom ROM dan ROM, perbedaan keduanya hanya terletak pada proses modifikasi dan hasil akhir yang didapatkan. Di mana custom ROM merupakan hasil dari modifikasi pihak ketiga terhadap sistem file firmware perangkat tertentu dalam hal ini adalah Android atau disebut juga Android mod (Android modification).

Dengan kata lain Custom ROM adalah sebuah sistem operasi oprekan yang tidak terikat lagi ke vendor tertentu, melainkan sudah berdiri sendiri lengkap dengan kernel, service, driver, aplikasi dan sistem file pendukung lainnya sehingga dapat berjalan dalam perangkat.


Kami melakukan beberapa penelitian tentang beberapa Custom ROM Android dan ingin berbagi fitur utama dari mereka dengan Anda, dan berharap itu bisa membantu Anda untuk memilih Custom ROM Android yang Anda butuhkan. Berikut ini adalah Custom ROM terbaik dari hasil yang kami teliti.

1. CyanogenMod

CyanogenMod sebenarnya adalah salah satu dari Custom ROM Android paling populer di seluruh dunia, menawarkan banyak fitur yang besar seperti dukungan untuk OpenVPN, dukungan untuk download tema dan alat privasi lebih. Ini adalah Custom ROM yang sangat mendukung sebagian besar perangkat dan memiliki 12 juta pemasangan aktif pada kebanyakan perangkat menurut statistik pada Juni 2014.
Ciri khas custom ROM ini adalah tampilan yang mendekati Android asli namun tanpa aplikasi bawaan yang memberatkan. Memang, CyanogenMod menyertakan beberapa fitur baru dan aplikasi-aplikasi tambahan. Namun semua itu tidak terlalu memberatkan sistem, seperti yang terdapat pada firmware bawaan smartphone Android dari Samsung. Melihat kenyataan ini, banyak pengguna yang menggunakan CyanogenMod karena ingin menghapus berbagai aplikasi “sampah” yang ada di dalam smartphone mereka.
Catatan: Periksa perangkat yang didukung untuk CyanogenMod sini.



2. MIUI

MIUI adalah Custom ROM Android yang dikembangkan oleh Xiaomi Tech di Cina. Ini adalah salah satu Custom ROM yang paling disesuaikan sehingga elegan dan cepat, dan menawarkan dukungan tema yang kuat.
Bagi Anda para pecinta kustomisasi, MIUI menyediakan sebuah cara agar Anda mampu mengubah tampilan keseluruhan perangkat dengan mudah, yaitu dengan menggunakan platform store mereka yang menjual berbagai tema, baik itu dari pengguna lainnya ataupun dari developer resmi MIUI.
Catatan: Periksa perangkat yang didukung untuk MIUI disini.



3. Paranoid

Paranoid Android adalah custom ROM yang bertujuan untuk memperluas sistem, bekerja pada peningkatkan keindahan yang sudah ada dari Android dan mengikuti aturan yang dirancang oleh Google. Hal ini membuat Stock ROM Google menjadi lebih indah, tetapi Anda perlu pengalaman sendiri untuk mengetahui keindahannya.
Catatan: Periksa perangkat resmi yang didukung untuk Paranoid disini dan disini



4. AOKP (Android Open Kang Project)

Android Open Kang Project ialah ROM pendatang baru yang cukup dibandingkan dengan banyak ROM yang sudah lama ada seperti CyangenMod, dan kebanyakan orang keliru menganggap itu sebagai CyangenMod pada pandangan pertama mereka, namun sebenarnya terdapat nilai tinggi pada add-ons dan alat-alat seperti matikan kustom, kontrol LED dan cincin navigasi yang CyangenMod tidak punya. ROM yang satu ini stabil dan berjalan pada 3,5 juta perangkat menurut statistik pada September 2013.
Custom ROM dengan logo unicorn ini mempunyai nama yang merupakan sebuah plesetan dari singkatan AOSP yang artinya Android Open Source Project. Awalnya, nama tersebut hanyalah sebuah lelucon. Namun, ketika semakin banyak orang menyukai nama AOKP, tim pengembang memutuskan untuk menggunakan nama ini.
Catatan: Periksa perangkat yang didukung untuk AOKP disini.



5. Slim ICS

Nama Slim ROM sudah memberitahu Anda apa saja fitur yang paling penting yang dimilikinya. Ini adalah instalasi super tipis dan ringan yang berfokus pada pemangkasan fitur yang tidak perlu dan memberikan lingkungan yang bersih dan cepat. Tapi itu hanya mendukung beberapa perangkat Samsung karena hanya ada satu pengembang di balik itu.
Catatan: Periksa perangkat yang didukung untuk Slim ICS disini.



6. Liquid Smooth

Liquid Smooth adalah salah satu Custom ROM ICS tercepat yang bahkan lebih cepat dari Stock ROM yang di install di Samsung Nexus. Liquid Smooth ini kecil tapi bagus, lebih banyak  ruang untuk aplikasi Anda dan bahkan memiliki dukungan tema sehingga Anda dapat menyesuaikannya.
Catatan: Periksa perangkat yang didukung untuk Liquid Smooth di forum resmi.



Source :
http://www.trenologi.com/2014042335829/apa-itu-root-rom-dan-custom-rom/
http://id.techinasia.com/daftar-custom-rom-android-2/
http://www.wondershare.com/android/best-android-custom-roms.html          

0 Response to "Custom ROM Android Terbaik"

Post a Comment