Kegunaan Web Browser (Google Chrome) Yang Jarang Digunakan

Kegunaan Web Browser (Google Chrome) Yang Jarang Digunakan

   Dilihat dari judulnya, sudah barang tentu saya akan membahas mengenai kegunaan Web browser, bukan cuma pada Google Chrome tetapi secara umum kegunaan ini juga berlaku pada Web browser yang lain, saya memilih Google Chrome karena saya sering menggunakannya. Artikel ini saya khususkan bagi yang belum tahu tentang topik ini.
   Web Browser mungkin tak asing lagi bagi peselancar internet, yaitu sebuah software yang berguna untuk browsing di internet,  seperti mengakses Website dan lain-lain, contohnya seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, Opera, Safari Apple, Maxthon, dan lain sebagainya, masing-masing Web Browser tersebut mempunyai kelebihan dan kelemahan tersendiri.

    Mungkin bagi anda, menggunakan Web Browser hanya pada waktu online atau terkoneksi dengan internet, selain itu anda tidak menggunakannya sama sekali. Tahukah anda Web Browser juga dapat digunakan secara offline, dan untuk lebih lanjut saya akan membahas beberapa kegunaan Web Browser yang jarang digunakan secara offline.

Berikut beberapa Kegunaan Web Browser yang jarang digunakan:

1. Sebagai Image Viewer (Pembuka file gambar)

   Anda pasti sering membuka file gambar dengan Image Viewer bawaan Sistem Operasi dan mungkin anda juga pernah mengalami file gambar tidak muncul atau tidak bisa dibuka menggunakan Image Viewer bawaan sistem operasi anda.
   Jika anda mendownload sebuat gambar yang berformat “.GIF” atau gambar bergerak, kemudian anda membukanya menggunakan Image Viewer di sistem operasi windows, pasti anda tidak akan melihat gambar itu bergerak atau gambar tidak muncul sama sekali, kenapa saya katakan tidak bisa bergerak di Image Viewer Windows?, karena saya sudah mencoba di Image Viewer di Linux, dan hasilnya gambar tersebut bisa begerak, apakah saya harus berpindah sistem operasi?, jawabannya tidak perlu, anda cukup membuka file gambar “.GIF” tersebut menggunakan Web Browser yang ada di sistem operasi itu, seperti Internet Explorer atau Web Browser lainnya. Anda mungkin bertanya lagi, apakah Web Browser hanya bisa membuka file gambar format “.GIF”?, tidak hanya itu, Web Browser bisa juga membuka file gambar yang umum kita jumpai, seperti format “.JPG, JPEG, .PNG” dan beberapa format gambar lainnya, silahkan anda mencobanya sendiri.

2. Sebagai Music Player (Pemutar Musik)

   MP3 adalah format suara yang sering kita jumpai apabila kita mau memutar musik, karena format suara yang sering di gunakan untuk musik ialah “.MP3”, dan lagi lagi anda juga membuka file tersebut hanya dengan MP3 Player bawaan sistem operasi atau anda harus menginstal aplikasi pendukung, seperti AMP3 Player, Winnamp, dan MP3 Player lainnya, sekali lagi anda membuat Web Browser kehilangan kegunaannya, kenapa saya bilang begitu?, karena Web Browser juga bisa memutar file “.MP3”. Tapi jika anda memang pendengar musik sejati, ya saya sarankan menginstal Music Player yang bagus menurut anda, karena Web Browser hanya bisa memutar mp3 satu persatu, tidak seperti Music Player yang bisa mengurutkan daftar musik yang ingin kita putar, akan tetapi jika anda bukan pendengar musik sejati :D yang hanya memutar musik satu persatu atau hanya iseng saja buka file “.MP3”, anda tidak perlu menginstal aplikasi pendukung lainnya untuk membuka file “.MP3” tersebut, hitung-hitung menghemat sumber daya memori komputer anda, terus saya buka pakai apa?, anda bisa membuka mengunakan Internet Explorer atau Web Browser bawaan sistem operasi anda. Tidak hanya file “.MP3” yang bisa diputar oleh Web Browser, tapi Web Browser juga bisa memutar file suara lainnya seperti “.WMA .AAC, .WAV .PCM .OGG, .MID” dan beberapa format suara lainnya, untuk mengetahui lebih lanjut silahkan anda bereksperimen :D

3. Sebagai Video Player (Pemutar Film)

   Siapa yang tidak pernah menonton Video di komputer?, saya rasa pengguna komputer pasti pernah menonton video atau film di komputer anda, dan apalagi anda yang sering mengunduh file film dari internet, pasti menemukan beberapa format video seperti “.MP4, .MKV, .AVI, .FLV, .3GP, .SWF” dan lain-lain. Untuk memutar file tersebut anda pasti mengintal software pendukung seperti “VLC, KMP, GOM” dan Video Player lainnya, dan sudahpun di-instal aplikasi pendukung tersebut, sekali-kali video player tersebut tidak bisa memutar file format video yang anda ingin putar, masalahnya beragam, ada yang gambarnya tidak terlihat tapi secara visual videonya kelihatan maupun sebaliknya, ada juga yang gambarnya pecah dan tersangkut-sangkut. Anda pasti sangat kesal, setelah bersusah panyah mengunduh video tersebut dari internet tapi hasilnya tidak sesuai yang anda harapkan. Bukan hanya anda yang mengalami masalah tersebut, tapi saya juga pernah pengalami masalah tersebut, tapi saya tidak kehabisan akal untuk masalah itu, saya mencoba membuka file tersebut menggunakan Web Browser (Google Chrome) dan hasilnya sangat memuaskan, file video pecah dan tersangkut-sangkut yang di putar di VLC Player dan KMPlayer  ternyata bisa di putar di Google Chrome dengan lancar. Tapi masalahnya apabila anda memutar video di Google Chrome, untuk subtitle yang diunduh dari subscene.com tidak bisa diputar bersamaan file videonya, karena subtitle tersebut tidak menyatu dengan file videonya, tapi berbahagialah bagi yang mengunduh dari nontonmovie.com, karena subtitlenya sudah menyatu dengan file videonya. 
Untuk Video Player yang bagus menurut saya adalah K-Lite Codec Full, silahkan cari di Google. Software ini sangat cocok untuk memutar file video yang tidak bisa diputar oleh Video Player lain.  
4. Sebagai PDF Reader (Pembaca file PDF)

   Selain file DOC atau DOCX dari Microsoft Office, File PDF juga sering kita temui sebagai format document, format Document ini biasanya bisa dibaca apabila kita menggunakan Adobe Reader atau Foxit Reader, keunggulan dari PDF ini ialah isinya tidak bisa diubah dan sering juga isinya tidak bisa disalin atau copy-paste, dengan adanya keunggulan seperti ini file PDF sering digunakan orang yang tidak mau file Document nya diubah atau orang yang sering mencetak atau nge-print dilain komputer, contoh kasus yang menyangkut dengan keungggulan file PDF ini, “Misalkan anda membuatnya file document dari MS.Office 2007 di komputer anda dan anda ingin mencetak hasilnya, karena anda tidak punya Printer terpaksa anda mencetaknya di rental-rental Printer terdekat. Setiap Rental Printer biasanya sudah di sediakan masing-masing sebuah komputer lengkap dengan Printernya, setelah anda membuka file DOC anda di MS.Office 2010 atau 2013 yang ada di rental printer tersebut, ternyata isi Document anda berubah menjadi tidak teratur lagi atau acak-acakan”. Nah untuk menghindari masalah itu terjadi anda perlu merubah file Document anda menjadi PDF, karena saya disini tidak membahas cara merubah DOC atau Document lainnya ke PDF, jadi saya tidak mencantumkan cara tersebut. OK, kembali lagi ke topik, bagi anda yang tidak mempunyai Adobe Reader atau Foxit Reader, anda bisa membuat Google Chrome atau Internet Explorer sebagai alternatif untuk membuka file PDF.

   Kegunaan yang saya tulis diatas merupakan aktifitas umum yang sering kita lakukan sehari-hari, dan kegunaan saya menulis artikel ini ialah untuk menjadikan Web Browser sebagai alternatif jika software yang kita butuhkan untuk melakukan aktifitas yang saya sebutkan diatas tidak ada atau mengalami masalah. Sebenarnya masih ada lagi kegunaannya yang jarang digunakan, tapi saya rasa cukup sampai disini saja. Demikian yang dapat saya paparkan mengenai Kegunaan Web Browser yang jarang digunakan, apabila anda ingin menambahkan, silahkan tulis di kolom komentar, dan semoga artikel ini bisa membantu dan bermamfaat bagi anda.

0 Response to "Kegunaan Web Browser (Google Chrome) Yang Jarang Digunakan"

Post a Comment