Beberapa Cara Instal Atau Update Driver Secara Otomatis Dan Manual

Beberapa Cara Instal Atau Update Driver Secara Otomatis Dan Manual


Setelah anda melakukan instalasi Sistem Operasi Windows ke komputer anda, pasti langkah utama yang harus anda lakukan ialah menginstal Driver yang dibutuhkan perangkat-perangkat anda seperti VGA, WiFi Card, Audio dan alat Input Output (I/O) lainnya.

Jika anda tidak melakukan instalasi Driver, maka bukan tidak mungkin kinerja Sistem Operasi anda tidak stabil. Oleh karena itu, menginstal Driver merupakan keharusan yang anda lakukan setelah memasang Sistem Operasi pada komputer anda.

Agar tidak kebingungan kedepannya, ada baiknya kita mengenal dulu apa itu Driver pada Komputer.

What is Driver?

Definisi Driver pada komputer merupakan istilah yang digunakan dalam sistem informasi, yang mengacu kepada komonen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan perangkat keras. Sebagian besar perangkat keras tidak akan dapat berjalan atau sama sekali tidak dapat berjalan tanpa Driver. Jadi dengan adanya Driver perangkat I/O yang anda colokkan kedalam Port yang ada pada komputer, akan dapat dikenali oleh Sistem Operasi komputer tersebut.

Cara melakukan instalasi Driver pada Sistem Operasi Windows sangatlah beragam, tapi cara termudah menurut saya yaitu mencarinya secara otomatis di internet. Disamping mudah, sistem operasi anda akan mendapatkan Driver yang terbaru (update) jika anda menerapkan cara ini. Cara ini sangat tepat untuk anda yang sedang kehilangan CD/DVD Driver yang diberikan oleh Vendor Komputer anda pada waktu pertama melakukan pembelian. Ataupun anda yang ingin menambahkan perangkat I/O lainnya pada komputer anda.

Saya sengaja membuat postingan ini karena melihat banyaknya masalah yang timbul setalah ataupun sebelum melakukan instalasi Driver pada Sistem Operasi Komputer. Untuk itu saya membuat postingan ini khusus untuk orang-orang yang membutuhkanya, seperti:

  • Pengguna Driver Pack Offline.

Anda pasti bertanya-tanya, kenapa harus pengguna Driver Pack Offline yang harus terdaftar membutuhkan cara menginstal Driver ini?. Sekarang Driver Pack menjadi primadona bagi pengguna yang sedang membutuhkan Driver Komputer karena Driver Pack sudah mendukung Sistem Operasi Windows, dari XP hingga yang terbaru Release dan hampir kompatibel untuk semua Produk Komputer yang ada. Oleh karena itu Driver Pack sangat populer sampai sekarang ini. Tapi dengan segala kelebihan yang saya sebutkan, tersisip juga kekurangan Aplikasi ini, seperti Kapasitas yang besar dan terus bertambah besar setiap kali Release karena Driver Pack memperoleh Driver dari Vendor komputer, jadi setiap tahun pasti akan ada komputer baru keluar, otomatis pihak Driver Pack akan memasukkan Driver dari komputer yang baru keluar tersebut kedalam database Driver Pack sehingga menjadikan kapasitasnya semakin besar. 

Dengan Kapasitas besar dan akan semakin bertambah besar setiap Release, membuat penggunanya kewalahan dalam mengunduh filenya. Kalau tidak salah, pada tahun 2015 Driver Pack 15 berkapasitas 15 Giga Byte (GB) keatas dan saya tidak tahu pasti tahun sekarang kapasitas Driver Pack berapa GB. Begitu besarnya kapasitas yang dimiliki Driver Pack, membuat orang yang ingin mengunduhnya berfikir ulang untuk melakukannya dan ditambah lagi tidak semua Driver yang disediakan Driver Pack kompatibel dengan produk komputer. Saya mengambil kasus ini pada Laptop merek "Axioo" teman saya yang tidak bisa di instal Drivernya melalui Driver Pack dan saya pikir kasus ini bukan hanya teman saya mengalaminya. Pada akhirnya saya menemukan solusi yang ampuh untuk menanganinya, yaitu memakai aplikasi yang berkategori "Driver Downloader", yang akan bahas pada postingan ini.

Melihat Driver Pack yang belum efektif dan tidak efisien itu, saya tidak pernah menggunakannya karena saya lebih suka mendownload Driver Komputer langsung dari situs Resmi Vendor komputer tersebut. Walaupun begitu tidak semua Driver bisa ditemukan dengan mudah di Internet, itu terjadi apabila kita mencarinya secara manual dan tentunya itu akan menjadi hal yang sedikit sulit untuk kita lakukan mengingat Driver komputer kita sudah disertakan dalam CD/DVD yang tersedia pada saat membeli komputer tersebut. Walaupun kita mempunyai driver dari Vendor, tetap saja kita akan membutuhkan Driver terbaru (update) untuk keperluan Sistem Operasi komputer. Dalam kasus ini, saya mengambil contoh yang sering saya temukan pada saat saya ingin menginstal sistem operasi terbaru seperti Windows 10 pada laptop Acer Aspire keluaran tahun 2012, sedangkan didalam CD/DVD Driver hanya tersedia Driver untuk Windows XP dan 7. Jadi saya berfikir, apakah ini mungkin saya lakukan atau tidak?, tapi saya tetap mencobanya kemudian saya mencoba menginstal Driver melalui Update di Device Manager ataupun melalui Windows Update. Dengan usaha yang saya lakukan, hasilnya sangat membahagiakan, disamping Windows 10 adalah Sistem Operasi Windows paling Ringan yang saya rasa daripada Windows sebelumnya. Bukan cerita tentang saya berhasil melakukan instalasi Windows 10 pada laptop saya yang ingin kita bahas, tapi instalasi Drivernya. Bayangkan apabila saya memasang Driver Windows 7 yang ada pada CD/DVD Driver dari Vendor, apa yang akan terjadi? Saya pikir itu akan mengundang masalah "Blue Screen (BSOD)". Jadi kesimpulannya, Driver yang dibutuhkan oleh komputer kita bukanlah berpatokan dari CD/DVD Driver yang diberikan oleh Vendor Komputer kita, tapi Driver tersebut akan diperbaharui setiap waktu.

Melihat dari kasus yang saya sebutkan diatas, anda pasti berfikir apakah komputer jadul saya dapat dipasang Windows 10, jawabannya tengantung pada Spesifikasi yang dimiliki komputer anda, jika tergolong memenuhi "System Requipment" boleh-boleh saja anda memasangnya, tapi apabila sebaliknya, saya sarankan jangan, karena kinerja komputer anda mungkin saja menurun drastis daripada sebelumnya. Tapi bukan masalah Spesifikasi Komputer saja yang menjadi penghalang pengguna komputer takut menginstal Windows terbaru ke komputer mereka, masalah mereka ialah takut dengan Driver komputer yang tidak kompatibel dengan Windows yang mereka pasang. Buanglah jauh-jauh pemikiran seperti itu, disini saya ingin membuka pikiran anda untuk mendapatkan Driver terbaru dari internet secara otomatis.

Kita kembali lagi kepada Driver Pack, saya bukan melarang anda untuk menggunakannya, tapi lebih kepada pembukaan pemikiran, dengan beranggapan bahwa ada lo cara yang lebih Efektif dan Efesien untuk memasang Driver pada Sistem Operasi Windows anda. Tapi saya sangat menyarankan anda menggunakan Driver Pack Online.

  • Kehilangan CD/DVD Driver Komputer

Nah, kasus yang satu ini sangat sering kita temukan pada pengguna komputer yang tidak ataupun kurang peduli dengan keberadaan CD/DVD Driver yang diberikan oleh Vendor. Barangkali pengguna tersebut tidak tahu betul apa kegunaan CD/DVD tersebut ataupun menganggapnya kurang bermanfaat bagi komputer. Dengan pemikiran seperti itu membuat CD/DVD Driver sering diletakkan disembarangan tempat dan tidak ingat dimana ditempatkan atau bahkan benar-benar hilang. Mulai sekarang kebiasaan seperti itu harus anda hilangkan karena CD/DVD Driver merupakan elemen penting untuk melengkapi kebutuhan sistem dan perangkat komputer anda.

Mungkin anda benar-benar tidak membutuhkanya karena anda sering melakukan instal ulang dengan cara memberikan Komputer anda ke tempat Service Komputer, tapi anda akan membutuhkannya apabila anda sendiri yang akan melakukan Instal Ulang sistem operasi pada komputer anda. Apabila sudah seperti itu kejadiannya, anda mau-tidak-mau harus melakukan instalasi Driver melalui internet dan yang pastinya cara pada postingan ini sangat cocok untuk anda yang mengalami kasus kehilangan CD/DVD Driver, baik itu Driver Komputer, Printer, Scanner, Wireless USB ataupun peralatan I/O lainnya.


  • Pengguna Smartphone Android

Sekarang adalah jamannya Smartphone Android merajai pasar Mobile, yang berkembang pesat karena sifatnya terbuka (Open Sources). 

Pasti anda juga sudah memiliki Smartphone Android. Kalau memang iya, maka pasti anda pernah menghubungkannya ke komputer, baik itu untuk menyalin file Musik, Video, Dokumen ataupun yang lainnya. Menghubungkan Smartphone Android ke komputer ada beberapa cara, bisa dengan Card Reader, BlueTooth, Kabel USB dan bahkan melalui WiFi. Cara yang sering digunakan sekarang ialah menggunakan Kabel USB, bukan hanya mudah tapi karena Kabel USB sudah di sediakan pada sambungan Charger Baterai, jadi penggunanya lebih cenderung menggunakannya untuk menghubungkan Smartphone Android ke komputer daripada cara lainnya. Menghubungkan Smartphone Android ke komputer menggunakan Kabel USB pada beberapa kasus akan membutuhkan Android USB Driver terpasang untuk mengenali perangkat tersebut. Katakan saja pada saat anda ingin melakukan Flashing Firmware pada perangkat Android anda. Menginstal USB Driver merupakan suatu langkah yang harus anda lakukan jika anda ingin perangkat Android dikenali oleh komputer anda.

Pada beberapa USB Driver perangkat Android tidak memiliki file .EXE sebagai installer, tapi hanya ada file .INF. Biasanya perangkat Android yang tidak menyediakan file .EXE pada USB Drivernya ialah seperti perangkat Xiaomi, Oppo, Asus, Nexus, dan hampir semua perangkat Android yang memiliki Chipset Mediatek tidak menyediakannya. Jadi lakukanlah cara yang akan dibahas ini untuk melakukan pemasangan USB Driver perangkat Android. 

Menginstal USB Driver pasti akan memerlukan file Driver, dan itu tidak ada didalam perangkat Android anda, lain dengan Modem USB yang sudah menyediakan Driver pada perangkatnya. Oleh karena itu anda perlu mencarinya di internet, tapi seperti yang saya katakan pada pembahasan sebelumnya, apabila anda mencarinya di internet secara manual, maka itu akan kelihatan sulit, baik untuk mendapatkannya ataupun dalam mencarinya. Dengan membaca cara menginstal Driver pada postingan ini akan memeberikan anda pilihan untuk menginstal Driver secara otomatis maupun Manual, jadi silahkan pilih menurut kebutuhan anda.

  • Pengguna Perangkat Printer, Scanner, dan I/O lainnya

Yang terakhir temasuk orang-orang yang saya khususkan untuk pembaca postingan ini yaitu pengguna Printer, Scanner dan I/O lainnya. Cara instal Driver pada Postingan ini sangat dibutuhkan, baik itu untuk menginstal Driver secara otomatis maupun Manual. Semua perangkat I/O pada pada dasarnya akan membutuhkan Driver untuk bisa dikenali oleh Sistem komputer. Pada kasus ini biasanya sama dengan pembahasan sebelumnya yaitu "Kehilangan CD/DVD Driver".

Baiklah, sekarang langsung saja kepada pokok pembahasan yang sebenarnya, yaitu Cara Menginstal Driver Komputer Secara Manual dan Otomatis:

CARA MENGINSTAL DRIVER SECARA OTOMATIS


Pada bagian ini saya akan membuat cara bagaimana untuk menginstal Driver secara otomatis, baik itu menggunakan aplikasi maupun tidak menggunakan aplikasi. Cara yang memakai aplikasi ialah dengan Driver Booster dan cara yang tidak menggunakan aplikasi ialah melalui Update dari Device Manager:

Menggunakan Aplikasi Driver Booster

Sekarang banyak sekali aplikasi "Driver Downloader" yang memudahkan anda untuk melakukan penginstalan Driver secara otomatis dengan bantuan Internet. Dari beberapa aplikasi tersebut saya memilih yang terbaik menurut saya yaitu Driver Booster. Cara kerjanya, pertama melakukan Scanning atau memindai perangkat-perangkat yang memerlukan Driver, kemudian melakukan pemasangan ataupun update. Dalam proses Scanning itu, Driver Booster akan mencarikan informasi tentang Update-an Driver yang tersedia pada database online milik IOBIT yang merupakan Vendor dari produk ini. Jika sudah mendapatkan informasinya, maka Driver Booster akan memberitahukan anda, apakah mau di Download dan di Instal? pilihan tengantung kepada anda. Apabila anda memilih untuk men-download Drivernya maka Driver Booster akan melaksanakannya dengan kecepatan sebagaimana Bandwidth yang tersedia. Oke, langsung saja prakteknya.

Note: Lakukanlah cara ini tepat setelah anda baru menginstal Sistem Operasi Windows, karena belum ada driver dari vendor yang terpasang sehingga terhindar dari konflik Driver yang bisa mengakibatkan munculnya masalah Blue Screen.

  • Pertama download file Driver Booster pada situs http://www.iobit.com/en/driver-booster.php
  • Setelah anda mendapatkannya, kemudian lakukan penginstalan dengan cara Double-Click.
  • Jika proses instalasi selesai, biasanya aplikasi Driver Booster akan melakukan Scanning otomatis, dan pastikan koneksi internet anda tidak terganggu.
Beberapa Cara Instal Atau Update Driver Secara Otomatis Dan Manual

  • Setelah memindai, Driver Booster akan menampilkan informasi Driver perangkat apa saja yang perlu di pasang ataupun di update.
Beberapa Cara Instal Atau Update Driver Secara Otomatis Dan Manual

  • Sekarang tergantung kepada anda, apakah ingin men-download dan men-instal ataupun meng-update Driver atau tidak.
Beberapa Cara Instal Atau Update Driver Secara Otomatis Dan Manual

  • Jika anda memilih untuk melakukannnya, maka Driver Booster akan mengunduh semua Driver yang anda beri Centang dari internet dan kemungkinan akan meng-instalnya apabila pada versi pro.
Saya berharap akan lancar-lancar saja tanpa ada masalah yang terjadi, karena aplikasi ini sangat saya rekomendasikan kepada anda yang memperdulikan tentang Update Sistem, dan memang aplikasi Driver Booster sering kali saya gunakan untuk memenuhi kebutuhan Driver, baik pada komputer saya pribadi maupun untuk client.
Begitulah tahap-tahap untuk melakukan instalasi Driver secara otomatis menggunakan aplikasi Driver Booster. Semoga dengan cara ini bisa menyelesaikan masalah Driver yang ada pada Sistem Operasi Windows anda.


    Menggunakan Update Otomatis Dari Device Manager Melalui Internet.

    Device Manager adalah sebuah tempat yang digunakan untuk mengatur perangkat seperti mengizinkan perangkat untuk tetap terhubung ataupun sebaliknya. Selain itu pada Device Manager juga ada fitur untuk melakukan pencarian Driver Otomatis ataupun Driver Update, baik itu melalui media penyimpanan seperti HardDisk, FlashDisk, CD/DVD, dan sejenisnya, juga bisa melakukan instalasi Driver melalui Internet. 

    Pada cara ini kita akan melakukannya melalui internet, jadi komputer anda harus terkoneksi dengan internet. Menginstal Driver melalui Device Manager sama halnya dengan melakukan instalasi melalui fitur "Windows Update" tapi perbedaanya adalah Windows Update akan meng-update keseluruhan perangkat lunak sistem yang dibutuhkan termasuk Driver yang perlu di instal maupun di update, dengan cara ini pasti akan membutuhkan waktu dan kouta yang lumayan banyak sedangkan Update Driver melalui Device Manager akan lebih efisien karena Windows hanya akan mencari, mendownload dan menginstal Driver yang anda inginkan, jadi prosesnya akan lebih cepat dan tidak terlalu banyak memakan kouta internet anda. 

    Perbedaan cara update Driver dari Device Manager dengan Update Driver menggunakan aplikasi Driver Booster ialah Driver Booster memungkinkan anda untuk melakukan banyak driver sekaligus, sedangkan Device Manager anda akan meng-update satu persatu driver yang anda inginkan. Cara ini adalah cara kedua yang saya sarankan untuk anda yang ingin meng-instal Driver secara Otomatis, dan cara ini tidak akan mempunyai masalah apapun seperti Blue Screen karena file Driver-nya langsung dari Database Driver Microsoft. Jadi ini akan terkesan resmi dan sah, lagi pula cara ini tidak membutuhkan aplikasi tambahan dari pihak ketiga, karena langsung dari aplikasi yang sudah disediakan oleh Windows sendiri.

    Langsung saja kita lakukan langkah-langkahnya sebagai berikut:

    • Pada Windows kesayangan anda, tekan tombol "Ctrl+R" untuk memanggil aplikasi "RUN".
    • Setelah muncul jendela RUN, sekarang ketikkan perintah "devmgmt.msc" untuk memanggil Device Manager keluar.
    Beberapa Cara Instal Atau Update Driver Secara Otomatis Dan Manual

    • Akan muncul jendela Device Manager, dan akan terlihat perangkat yang belum di Instal Driver dengan tanda "Tanda Seru Segitiga Kuning", ini tergantung dengan keadaan driver komputer anda, apakah ada Driver perangkat yang belum di Instal atau tidak, kalau ada maka akan keluar seperti gambar yang saya miliki dibawah ini, tapi kalau tidak ada Driver yang belum terpasang maka tidak akan ada yang keluar "Tanda Seru Segitiga Kuning", tapi pada beberapa kasus juga ada yang muncul "Tanda Tanya Bulat", biasanya Kabel USB perangkat Android tidak terhubung dengan benar, kalau seperti itu kejadiannya anda juga bisa melanjutkan cara ini untuk memperbaikinya.
    Beberapa Cara Instal Atau Update Driver Secara Otomatis Dan Manual

    • Sekarang klik-kanan pada nama perangkat yang ingin anda lakukan instalasi Driver ataupun Update, kemudian pilih "Update Driver Software".
    Beberapa Cara Instal Atau Update Driver Secara Otomatis Dan Manual

    • Akan muncul 2 (dua) pilihan, karna kita akan mencari Driver secara otomatis dari Internet, maka pilih "Search Automatically for Updated Driver Software".
    Beberapa Cara Instal Atau Update Driver Secara Otomatis Dan Manual

    • Device Manager akan mencarinya melalui internet. Ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan juga tergantung koneksi internet anda, saya sarankan koneksi anda stabil. 
    Beberapa Cara Instal Atau Update Driver Secara Otomatis Dan Manual

    • Setelah Device Manager mendapatkan file Driver, maka akan dilakukan instalasi otomatis.
    Beberapa Cara Instal Atau Update Driver Secara Otomatis Dan Manual

    • Setelah itu Driver perangkat anda sudah siap dipasang dan sudah siap untuk difungsikan.
    Beberapa Cara Instal Atau Update Driver Secara Otomatis Dan Manual

    • Driver Manager akan meletakkan driver perangkat yang baru anda instal pada kategori perangkat yang ada di Device Manager.
    Beberapa Cara Instal Atau Update Driver Secara Otomatis Dan Manual

      • Cara ini bisa anda terapkan juga pada Driver perangkat yang tidak mempunyai "Tanda Seru Segi Tiga Kuning" ataupun tanda tanya.

    Nah, itulah beberapa langkah untuk melakukan instalasi ataupun update Driver secara otomatis dari Device Manager melalui internet, semoga cara ini juga bisa membantu anda menyelesaikan permasalahan Driver pada Windows anda.

    Mengunakan Update Otomatis Dari Device Manager Melalui Media Penyimpanan

    Seperti yang saya katakan pada "Cara Update Driver Otomatis Dari Device Manager Melalui Internet", Device Manager mempunyai 2 fitur Update Otomatis, yang kesatu ialah cara yang sudah dibahas diatas, sedangkan cara keduanya ialah yang akan kita bahas ini. Cara ini masih menggunakan Device Manager, hanya memilih pilihan kedua yang ada pada opsi Update Driver Software. Jika cara diatas adalah dengan melalui penyimpanan online atau melalui internet, pada cara akan menggunakan media penyimpan Offline, seperti HardDisk, FlashDisk, CD/DVD ataupun media penyimpanan lainnya yang berisikan file Driver perangkat yang ingin anda instal atau diupdate.


    Cara ini akan mencari Driver dari media penyimpanan yang anda tujukan, dan pastikan media penyimpanan tersebut mempunyai file Driver perangkat yang ingin anda instal ataupun update. Jika tidak, maka Driver yang anda inginkan tidak akan didapati oleh Device Manager, tapi jika ada, maka pastikan file Driver sudah di "Ekstrak" atau dalam keadaan terbuka dari .ZIP ataupun .RAR, supaya Device Manager bisa menemukan file .INF yang dicari.

    Biasanya cara yang gunakan untuk menginstal Driver yaitu melalui cara ini, itu jika tidak terkoneksi dengan internet. Dengan bermodalkan CD/DVD Driver dari Vendor, cara ini sudah bisa diterapkan ataupun anda sudah mendapatkan file Driver dari internet, dan biasanya file Driver yang didapat dari Situs Vendor akan berupa .ZIP, jika begitu lakukan Ekstrak pada file tersebut taupun melepaskannya dari dalam .ZIP. Tapi apabila anda hanya mempunyai CD/DVD Driver dan tidak mempunyai akses internet, cara ini merupakan cara termudah untuk melakukan instalasi Driver Offline Secara Otomatis daripada anda harus melakukan instalasi manual satu-persatu Driver perangkat yang ada pada file Driver yang ada, lagi pula cara seperti itu tidak begitu Efisien dibandingkan dengan menginstalnya melalui Device Manager.

    Saya tidak akan berlama-lama lagi pada pembahasan ini karena caranya hampir sama dengan cara sebelumnya yang sudah dibahas atas. langsung saja ikutilangkah-langkahnya dibawah ini:

    Note: Cara ini bisa anda gunakan untuk menginstal Driver yang tidak ada file .EXE, seperti pada Driver Smartphone Android, jadi gunakanlah cara ini untuk anda yang ingin melakukan instalasi Driver Perangkat Android. Tapi pastikan dulu perangkat Android anda sudah terhubung dengan komputer anda.


    • Pada Windows kesayangan anda, tekan tombol "Ctrl+R" untuk memanggil aplikasi "RUN".
    • Setelah muncul jendela RUN, sekarang ketikkan perintah "devmgmt.msc" untuk memanggil Device Manager keluar.

    Beberapa Cara Instal Atau Update Driver Secara Otomatis Dan Manual

    • Akan muncul jendela Device Manager, dan akan terlihat perangkat yang belum di Instal Driver dengan tanda "Tanda Seru Segitiga Kuning", ini tergantung dengan keadaan driver komputer anda, apakah ada Driver perangkat yang belum di Instal atau tidak, kalau ada maka akan keluar seperti gambar yang saya miliki dibawah ini, tapi kalau tidak ada Driver yang belum terpasang maka tidak akan ada yang keluar "Tanda Seru Segitiga Kuning", tapi pada bebrapa kasus juga ada yang muncul "Tanda Tanya Bulat", biasanya Kabel USB perangkat Android tidak terhubung dengan benar, kalau seperti itu kejadiannya anda juga bisa melanjutkan cara ini untuk memperbaikinya.
    Beberapa Cara Instal Atau Update Driver Secara Otomatis Dan Manual

    • Sekarang klik-kanan pada nama perangkat yang ingin anda lakukan instalasi Driver ataupun Update, kemudian pilih "Update Driver Software".
    Beberapa Cara Instal Atau Update Driver Secara Otomatis Dan Manual

    • Akan keluar jendela Update Driver Software, kemudian pilih "Browse my computer for driver software".
    Beberapa Cara Instal Atau Update Driver Secara Otomatis Dan Manual

    • Selanjutnya anda akan disuruh menentukan lokasi file Driver yang disimpan pada komputer anda. Cari lokasi file Driver tersebut hingga mendapatkan Foldernya, ini agar Device Manager lebih cepat menemukan Driver dan melakukan pemasangan. Klik tombol "Browse" untuk melakukannya.
    Beberapa Cara Instal Atau Update Driver Secara Otomatis Dan Manual

    • Pada kasus ini, saya ingin menginstal Wireless USB TP-Link TL-WN722N dan sudah saya letakkan pada HardDisk.
    Beberapa Cara Instal Atau Update Driver Secara Otomatis Dan Manual

    • Setelah anda mendapatkan folder Driver, sekarang klik tombol "Next".
    Beberapa Cara Instal Atau Update Driver Secara Otomatis Dan Manual

    • Tidak butuh waktu lama untuk Device Manager menemukan file Driver, karena anda sudah menentukan lokasi foldernya.
    Beberapa Cara Instal Atau Update Driver Secara Otomatis Dan Manual

    • Karena pada cara ini saya menginstal Driver langsung yang di download dari situs Vendor, maka akan muncul Driver dengan nama "TP-LINK Wireless USB Adapter", bebeda dengan cara yang sudah kita bahas diatas, yang menginstal Driver melalui databases Driver Microsoft, jadi Windows akan mendeteksi langsung perangkat yang membutuhkan Driver. Perbedaannya dapat anda bandingkan dari gambar dibawah ini dengan gambar terakhir dari cara yang sudah kita bahas diatas.

    Itulah langkah mudah instak atau update Driver dari Penyimpanan Offline dibandingkan dengan cara manual, yaitu dengan meng-klik satu persatu Driver yang anda inginkan di CD/DVD Driver. Semoga ini juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah Driver pada Sistem Operasi Windows anda.

    Mengunakan Fitur Windows Update

    Pengguna Sistem Operasi Windows pasti pernah mendengar istilah Windows Update, yaitu salah satu usaha Windows untuk memperbaharui Sistem, baik itu Build, Security dan bahkan Driver.  Windows Update merupakan cara Instal Driver Otomatis terakhir yang saya tulis untuk anda dan cara ini merupakan Update Keseluruhan Perangkat Lunak Sistem yang dibutuhkan oleh Windows yang digunakan untuk memperbaharui sistem. 


    Cara ini bisa anda gunakan untuk menginstal Semua Driver yang anda inginkan, mulai dari Printer, Scanner, Perangkat Android dan perangkat serupa lainnya yang membutuhkan Driver untuk bisa berfungsi.

    Melakukan proses Windows Update akan membutuhkan Kouta yang lumanyan besar, tergantung dengan perangkat lunak sistem yang dibutuhkan oleh Windows. Tapi ini adalah cara dimana anda bisa memperbaharui segala hal yang inginkan oleh Windows dan tentunya untuk memberikan fitur baru yang bisa membuat anda makin lebih suka dengan Windows. Mulai dari hal Keamanan, Performa, Kesetabilan, Interface, Kecepatan dan lainnya.

    Untuk melakukan Windows Update, ikuti langkah-langkah seperti dibawah ini:


    • Karena saya menggunakan Windows 10, maka untuk memanggil Windows Update, saya mengetikkan Windows Update pada Start Windows, akan keluar seperti gambar dibawah ini.
    Beberapa Cara Instal Atau Update Driver Secara Otomatis Dan Manual

    • Akan keluar jendela UPDATE & SECURITY, kemudian klik pada tombol "Check for Updates" untuk meminta informasi sistem yang harus di update melalui internet. 
    Beberapa Cara Instal Atau Update Driver Secara Otomatis Dan Manual

    • Tapi beberapa pengguna tidak ingin melakukan Windows Update karena takut ketahuan menggunakan Windows Bajakan, walaupun yang sebenarnya terjadi memang mereka menggunakan Windows Bajakan. tapi yang perlu saya katakan untuk pengguna Windows Bajakan bahwa Update Sistem Windows adalah menjadi penting untuk anda dalam meningkatkan Kinerja dan juga Keamananan Windows. Jika anda masih juga takut akan hal itu, gunakanlah Aktivator Windows seperti Re-Loader (Windows 10 dan Office 2016,2013) dan Windows 8.1 Active (Windows 8.1 dan Office 2013) atau Windows 7 Loader (Windows 7). Dengan menggunakan Aktivator tersebut, maka Windows anda akan lulus dari Deteksi Bajakan oleh pihak Microsoft. Tapi saya tidak bisa jamin 100% dengan menggunakan Aktivator tersebut semua Komputer yang memakai Windows Bajakan akan lulus dari Deteksi Bajakan. Jika memang komputer anda tidak lulus dari Deteksi Bajakan setelah melakukan Windows Update, maka lakukan Aktivasi ulang.
    • Penampakan Windows Update ialah seperti pada gambar dibawah ini, yang sedang melakukan download.
    Beberapa Cara Instal Atau Update Driver Secara Otomatis Dan Manual

    • Setelah itu, Windows Update akan melakukan proses instaling terhadap file yang sudah didapat dari internet
    • Proses penginstalan adalah tahap terakhir dari Windows Update dan akan membutuhkan restart sistem setelah menyelesaikan instalasi. 
    • Proses Restart akan dibaringi dengan proses penerapan sistem baru pada Windows, jadi ini akan membutuhkan waktu yang lumayan lama.

    Nah, itulah beberapa langkah untuk melakukan Update Windows. Semoga ini bisa membantu anda dalam menyelesaikan beberapa kasus seperti masalah Instalasi ataupun Driver.

    CARA INSTALL DRIVER SECARA MANUAL


    Pada cara manual ini mungkin tidak banyak yang bisa saya tulis karena cara ini umum digunakan, jadi hanya ada dua cara yaitu langsung melakukan Double-Clik pada file .EXE dan melalui Device Manager.

    Instal Driver Manual  Dari Device Manager

    Cara ini bisa anda terapkan jika anda tidak mendapati file .EXE pada Driver, biasanya ini berlaku pada Driver USB Perangkat Android. Pada kasus ini saya ingin menginstal USB Driver Xiaomi pada Windows 10.
    Untuk cara instal Driver secara manual melalui Device Manager maka lakukan seperti cara dibawah:


    • Pada Windows kesayangan anda, tekan tombol "Ctrl+R" untuk memanggil aplikasi "RUN".
    • Setelah muncul jendela RUN, sekarang ketikkan perintah "devmgmt.msc" untuk memanggil Device Manager keluar.
    Beberapa Cara Instal Atau Update Driver Secara Otomatis Dan Manual
    • Kemudian akan muncul jendela Device manager, sekarang Klik-Kanan pada Nama Komputer dan pilih "Add Legacy Hardware",
    How To Download and Install Xiaomi USB Driver (Manually)

    • Sekarang, Klik tombol "Next"
    How To Download and Install Xiaomi USB Driver (Manually)

    • Kemudian pilih Install the hardware that I manually select from a list (Advanced), klik Next
    How To Download and Install Xiaomi USB Driver (Manually)

    • Sekarang, klik tombol "Next"
    How To Download and Install Xiaomi USB Driver (Manually)

    • Klik Have Disk
    How To Download and Install Xiaomi USB Driver (Manually)

    • Klik pada tombol Browse dan arahkan kepada file android_winusb.inf yang ada pada Folder Driver
    How To Download and Install Xiaomi USB Driver (Manually)

    • Klik Open


    How To Download and Install Xiaomi USB Driver (Manually)

    • Kemudian klik tombol OK
    How To Download and Install Xiaomi USB Driver (Manually)

    • Pada jendela ini, pilih Android ADB Interface dan klik Next
    How To Download and Install Xiaomi USB Driver (Manually)

    • Klik Next
    How To Download and Install Xiaomi USB Driver (Manually)

    • Setelah proses dimulai, akan keluar pilihan dan klik pada Install this driver software anyway
    How To Download and Install Xiaomi USB Driver (Manually)

    • Terakhir Klik Finish
    • Lakukan cara dari pertama jika anda ingin menginstal Android Composite ADB Interface
    How To Download and Install Xiaomi USB Driver (Manually)



    Cara ini tidak begitu efektif, karena saya sendiri yang sudah membuktikannya dibandingkan dengan cara Install Driver Otomatis Dari Device Manager yang sudah dibahas diatas. Jadikan ini sebagai bahan pembelajaran saja.


    Mencari Driver di Internet Secara Manual

    Jika semua cara yang sudah dilakukan tidak dapat menemukan Driver yang anda inginkan, saya punya satu cara lagi untuk mendapatkan semua Driver yang anda inginkan. Cara ini tergolong Manual tapi membutuhkan internet untuk mencari Driver yang di inginkan.

    Cara ini juga tergolong ampuh ataupun efektif untuk mencari Driver yang tidak dapat dari Windows Update, tapi cara ini akan begitu sulit karena anda harus mencarinya sendiri di internet.

    Baiklah, kita lanjutkan kepada langkah-langkahnya sebagai berikut:

    Karena cara ini adalah cara manual, jadi anda membutuhkan No ID perangkat yang ingin anda instal Drivernya dengan cara melihatnya di Device Manager.
    • Pada Windows kesayangan anda, tekan tombol "Ctrl+R" untuk memanggil aplikasi "RUN".
    • Setelah muncul jendela RUN, sekarang ketikkan perintah "devmgmt.msc" untuk memanggil Device Manager keluar.
    Beberapa Cara Instal Atau Update Driver Secara Otomatis Dan Manual

    • Sekarang klik kanan pada Driver yang belum terinstal yang biasanya diberi tanda "Tanda Seru Segitiga Kuning" kemudian pilih "Properties".
    Beberapa Cara Instal Atau Update Driver Secara Otomatis Dan Manual

    • Akan Muncul jendela Properties seperti pada gambar berikut ini, kemudian pilih Tab "Events"
    • Setelah itu, lihat pada bagian "Information", kemudian salin nomor ID seperti gambar dibawah ini.
    Beberapa Cara Instal Atau Update Driver Secara Otomatis Dan Manual

    • Setelah anda menyalin, sekarang bukalah aplikasi Browser anda, kemudian kunjungi situs Google dan tempelkan nomor ID tersebut dengan tambahan  driveridentifier.com di ujungnya, akan menjadi seperti ini USB\VID_0CF3&PID_9271\12345 driveridentifier.com. Dengan cara itu akan mencari Driver dari situs yang menyediakan Driver tersebut.
    Beberapa Cara Instal Atau Update Driver Secara Otomatis Dan Manual
    • Setelah itu, anda akan mendapati Driver yang anda inginkan.
    • Klik pada link Driver yang anda kehendaki, maka akan keluar seoerti gambar dibawah ini.
    Beberapa Cara Instal Atau Update Driver Secara Otomatis Dan Manual

    • Jika sudah seperti itu, maka sekarang gulir kebawah untuk mendapatkan Links Download file Drivernya. Pilihlah sesuai Driver yang sesuai dengan perangkat anda.

    Mungkin cukup sekian saja tulisan saya pada postingan ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi anda.

    Masukan yang sifatnya membangun sangat saya harapkan sebagai dorongan kepada penulis untuk membuat postingan yang lebih baik lagi.



    0 Response to "Beberapa Cara Instal Atau Update Driver Secara Otomatis Dan Manual"

    Post a Comment