Macchanger: Tool Kloning Mac Address, ANTI-MDK3, Bypass Hotspot Dan @wifi.id


Macchanger: Tool Kloning Mac Address, ANTI-MDK3, Bypass Hotspot Dan @wifi.id

Pastikan dulu sebelum anda membaca postingan ini anda sudah menyiapkan kopi atau minuman lainnya dan tentunya cemilan, mood yang bagus dan konsentrasi yang penuh karena ini akan menjadi artikel yang panjang sekali, walaupun panjang sayang untuk dilewatkan walaupun beberapa kalimat saja, karena postingan ini saya buat dengan sepenuh hati dan melewati beberapa ritual Hahaha.
Yang pastinya ini adalah pengalaman pribadi yang sangat berharga karena disini saya menuliskan bukan hanya teori ataupun teknis melainkan lebih kepada pembukaan pikiran dan wawasan anda tentang Tool Macchanger, seberapa Powerfulkah tool itu sehingga saya menulis postingan sedemikian panjang.

Persayaratan:
  • Komputer anda memakai sistem operasi Linux.
  • Pastikan Tool Macchanger sudah terpasang.
  • Tentunya Tool Aircrack-ng juga sudah dipasang pada sistem Operasi Linux.
Postingan ini juga merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya yang memebahas mengenai MDK3: Tool Stres Testing Wireless Lokal Area Network, disana saya sengaja menyebutkan Macchanger ialah Tool ANTI-MDK3.
Terdorong dari banyaknya masalah yang ditimbulkan oleh MDK3 didalam jaringan Wi-Fi, membuat pengguna yang lain merasa terganggu, bagaimana tidak! Jika sabungan Wi-Fi terputus  dengan otomatis koneksi internet juga akan terputus itulah yang menjadi pokok utama dalam postingan ini.
Saya sendiri sempat geram dengan pengguna dengan "Pendekar-pendekar" dijaringan Wi-Fi yang memutuskan semua koneksi pengguna yang lain selain koneksinya, sehingga pengguna Wi-Fi yang lain tidak lagi mendapatkan layanan internet lagi, padahal mereka juga berhak mendapatkan layanan tersebut.
Sebenarnya saya juga pernah jail menggunakan MDK3 pada pengguna Wi-Fi yang lain, tapi perlu diingat, saya melakukannya kepada pengguna Wi-Fi yang menyedot habis Bandwith dalam jaringan tersebut menggunakan Internet Download Manager seperti yang pernah saya katakan pada Postingan IDM: Problems And Solutions.
Postingan ini tidak hanya membahas mengenai Macchanger sebagai ANTI-MDK3, tapi masih banyak lagi yang akan saya bahas dipostingan ini. Agar tidak bingung-bingung, berikut ini adalah topik  apa-apa saja yang akan dibahas:
  1. Bypass Portal Login Hotspot (WEP) Menggunakan Macchanger.
  2. Menjadikan Tool Macchanger Sebagai ANTI-MDK3.
  3. Cloning Mac Address Untuk Melewati Portal @wifi.id
  4. Mengganti Mac Address Untuk Mendapatkan Internet Protokol (IP) Baru.
  5. Menggunakan Macchanger Untuk Kepentingan Hacking dan Cracking Sebagai Pembuat Identitas Palsu.

Melihat daftar pembahasan yang ada diatas, saya yakin anda sudah tidak sabar untuk membaca dan menerapkannya pada Linux anda. Kalau begitu saya juga tidak bisa menahan lagi untuk melanjutkan menulis. Oh ya, hal yang harus anda ketahui adalah "Macchanger Hanyalah Tool Yang Bisa Merubah atau Mengganti Mac Address Komputer Hanya Sementara Alias Tidak Permanent". Setelah anda mereset koneksi Wi-Fi, Mac Address Anda akan berubah seperti semula alias yang asli.
Tool atau Aplikasi yang bisa merubah atau mengganti Mac Address komputer dalam waktu yang lama ialah TMAC, tapi ini tidak bisa anda pasang di Linux karena TMAC hanya berjalan pada Sistem Operasi Windows. Mungkin saya akan menulis tentang TMAC dilain kesempatan.
Untuk mengenali perbedaan antara Macchanger dengan TMAC, berikut saya buat tabel perbedaannya:

Nama Keunggulan Kelemahan
MACCHANGER
  • Mengganti Mac Address sesuai keinginan penggunanya
  • Menggunakan Interface Command Line Interface (CLI) dan Interfaces Graphical User Interface (GUI)
  • Open Source

  • Mac Address Berubah Ketika Wi-Fi di Reset
  • Pengoperasian Lumanyan Sulit Bagi Pemula
  • Hanya bekerja pada Linux
TMAC
  • Mac Address Tidak Berubah Walaupun Wi-Fi di Reset, Komputer di Restart ataupun dimatikan.
  • Menggunakan Interfaces Graphical User Interface (GUI)
  • Mudah di Operasikan (User Friendly)

  • Close Source
  • MAC harus di mulai dengan angka 02
  • Hanya bekerja pada Windows

Itulah beberapa perbedaan antara keduanya, tapi kegunaan keduanya pada umumnya sama yaitu sama-sama mampu mengganti atau merubah Mac Address komputer.
Itulah beberapa perbedaan antara keduanya, tapi kegunaan keduanya pada umumnya sama yaitu sama-sama mampu mengganti atau merubah Mac Address komputer.
Sebelumnya, anda pasti bertanya "Apa itu MAC ADDRESS", Mac Address ialah alamat pisik dari sebuah komputer yang dibuat oleh vendornya masing-masing pada perangkat jaringan yang terletak pada komputer, misalnya pada Wi-Fi Card, LAN Card, dan perangkat jaringan lainnya. Alamat pisik ini bersifat permanent atau tidak bisa dihapus ataupun diganti, walaupun berhasil diganti, itu tidak akan bertahan lama. Mac Address juga merupakan salah satu syarat untuk komputer mendapatkan Internet Protokol (IP) dari Access Point ataupun Router, Mac Address terdiri dari 6 (enam) pasang bilangan Hexadecimal (Ex: 0C:DE:FF:3A:5B:BB) dimana 3 (tiga) pasang sebelah kiri (0C:DE:FF) ialah Kode Vendor dan 3 (tiga) pasang sebelah kanan (3A:5B:BB) ialah Kode Product.
Nah, mungkin semua penjelasan diatas sudah memberi pencerahan kepada anda, baik itu tentang Mac Address maupun Macchanger. Sekarang saatnya menuju ke pokok pembahasan.

1. Bypass Login Hotspot Mikrotik

Macchanger: Tool Kloning Mac Address, ANTI-MDK3, Bypass Hotspot Dan @wifi.id

Sebelum jauh membahas hal ini, ada baiknya kita mengenal dulu Apa itu Bypass, Bypas adalah suatu usaha dimana kita mencoba melewati sebuah prosedur login (Authentication) yang seharusnya dilakukan untuk masuk kedalam suatu hotspot, tapi dengan melakukan Bypass, sehingga kita dapat masuk tanpa perlu melakukan prosedur tersebut.
Dalam jaringan Wi-Fi ada beberapa tipe keamanan diantaranya WEP, WPA, WPA2 daln lain-lain, dulu tipe keamanan WEP sangat popular, tapi setelah tipe keamanan WPA/WPA2 dibuat, sekarang sistem keamanan Wi-Fi kebanyakan memakai tipe keamanan WPA/WPA2. Tipe keamanan WPA biasanya menggunakan enkripsi Temporal Key Integrity Protocol (TKIP) sedangkan WPA2 menggunakan Advanced Encryption Standard (AES). Walaupung dengan tipe enkripsi WPA2 di anggap lebih aman daripada pendahulunya, tapi kenyataan berkata bukan demikian. WPA2 dengan enkripsi AES dengan mudah di jebol menggunakan teknik Evil Twin yang pernah saya bahas pada postingan LINSET: Tool Hacking Wi-Fi (WPA/WPA2) Tanpa Wordlist dan FLUXION: Wi-Fi (WPA/WPA2) Cracker Alternatif LINSET.
Pada cara yang akan kita jalankan ini hanya berlaku pada Wi-Fi yang memiliki tipe keamanan WEP, karena komputer kita bisa terhubung ke Wi-Fi tanpa perlu memasukkan password terlebih dahulu, dengan celah itu kita bisa manfaatkan untuk melakukan kloning atau duplikat Mac Address pengguna Wi-Fi yang sudah melakukan login sehingga Sistem membaca komputer kita sebagai komputer yang sah atau komputer yang sudah terdaftar di sistem tersebut.
(Perlu anda ketahui sedikit bahwa tidak semua Wi-Fi itu memiliki akses internet, contohnya kita membuat Hotspot menggunakan Smartphone tapi tidak menghidupkan Paket Data.)
Sekarang kita langsung melakukan Bypass terhadap Wi-Fi yang menggunakan tipe keamanan WEP
  • Buka terminal Linux anda dan yang pastinya anda sudah menginstal Tool Aircrack-ng dan Macchanger dengan benar.
  • Sekarang ketikkan perintah: airmon-ng
(Perintah diatas berfungsi untuk melihat interface jaringan yang sedang aktif di komputer anda)
  • Jika anda melihat interface (wlan0 ataupun wlan1 dan seterusnya), maka ketikkan perintah: airmon-ng start wlan0
(Wlan0 adalah interface komputer saya, jadi sesuaikan dengan interface anda, perintah diatas ialah untuk menghidupkan interface monitoring yaitu Mon0)
  • Setelah anda menghidupkan mode monitor dengan benar, sekarang ketikkan perintah: airodump-ng mon0
(Perintah diatas berfungsi untuk melakukan monitoring Wi-Fi yang ada disekitar anda)
  • Sekarang lakukan monitoring lebih spesifik, yaitu pada Wi-Fi yang menjadi target anda, sekarang salin BSSID atau Mac Address Access Point ataupun Router yang menjadi target anda.
  • Kemudian ketikkan perintah: airodump-ng mon0 --bssid (BSSID)
(Tempelkan BSSID yang sudah anda salin pada bagian yang saya tandai (BSSID) jadi akan terlihat seperti ini "--bssid 1A:2B:3C:4D:5E:6F")
  • Setelah melakukan monitoring yang lebih spesifik, sekarang anda akan melihat komputer-komputer yang terhubung ke Access Point (AP) ataupun Router tersebut yang ditandai di bagian "STATION", kemudian salin Mac Address yang memiliki "Frame" besar yang ada dibagian tersebut.
(Kenapa saya menyuruh untuk menyalin Mac Address yang memiliki "Frame" besar?, karena itu tanda komputer yang sedang online, dan kemungkinan Mac Address yang memiliki "Frame" sedikit itu hanya terkoneksi dengan Wi-Fi saja tapi tidak bisa mengakses internet)
  • Jika anda sudah menyalin Mac Address sesuai intruksi saya, maka sekarang kita akan lanjut pada tahap kloning atau duplikat Mac Address.
  • Ketikkan perintah: ifconfig wlan0 down
(Perintah itu berfungsi untuk non-aktifkan interface jaringan Wi-Fi yaitu "wlan0")
  • Kemudian ketikkan perintah: macchanger -m (Mac Address) wlan0
(Perintah tersebut berfungsi untuk mengubah atau mengganti Mac Address komputer anda dengan Mac Address yang sudah anda salin, jadi tempelkan Mac Address yang sudah anda salin pada bagian yang sudah saya beri tanda (Mac Address) diatas sehingga menjadi "-m 1A:2B:3C:4D:5E:6F wlan0". Jika berhasil, maka akan ada tanda seperti gambar dibawah ini)
  • Sekarang ketikkan perintah: ifconfig wlan0 up
(Perintah tersebut berfungsi untuk mengaktifkan kembali interface Wi-Fi komputer anda)
Jika semua langkah berjalan dengan benar, maka sekarang komputer anda terbaca di sistem sebagai komputer yang sah atau sudah melakukan "Authentication" dan bisa mengakses internet.
(Pada kasus terbaru yang saya temukan saat menggunakan teknik ini dengan versi Aircrack-ng dengan versi terbaru dan menggunakan interface monitoring wlan0mon akan menemui masalah pda saat pengaktifan interface wlan0 kembali, karena mac address yang telah diganti akan berubah kembali menjadi yang asli)

2. Macchanger Sebagai Tool ANTI-MDK3

Macchanger: Tool Kloning Mac Address, ANTI-MDK3, Bypass Hotspot Dan @wifi.id

Walaupun belum ada Tool resmi dibuat untuk menangani MDK3 tapi sebagai alternatif saya sarankan menggunakan cara ini karena dengan melakukan kloning atau duplikat maka itu mampu mengatasi serangan MDK3.
Bagi Linuxer yang sering bergelut dibidang jaringan, pasti sudah familiar dengan Tool yang akan kita bahas ini, yaitu MDK3, sebuah Tool yang sering digunakan untuk mengacaukan koneksi Wi-Fi , baik itu terhadap Client maupun Access Point (AP) atau Routernya langsung.
Jika anda sebagai pengguna Tool MDK3, maka anda bisa senyum-senyum sambil melihat koneksi Wi-Fi orang terputus, bagaimana tidak! seolah olah jaringan Wi-Fi tersebut seakan-akan anda yang mengontrol, baik itu mematikan, maupun mengizinkan akses, meskipun begitu Wi-Fi tersebut masih ada hak-hak orang lain untuk mendapatkan layanannya, jadi gunakanlah Tool MDK3 secara bijak.
Pembahasan rinci tentang Tool MDK3 anda bisa lihat di postingan MDK3: Tool Stres Testing Wireless Lokal Area Network, disana saya bahas mulai dari pemasangan hingga pengoperasiannya.
Tapi jika anda sebagai "Korban Serangan MDK3", pasti akan memasang muka lemas karena Wi-Fi yang anda pakai tiba-tiba mendadak terputus, akibatnya anda tidak lagi bisa mengakses internet, dan berbagai cara anda lakukan, mulai dari mengkoneksikan kembali, merestart komputer dan bahkan sudah mematikan komputer anda tapi masih juga tidak bisa terhubung ke Wi-Fi tersebut. Tenang kawan, saya hadir disini membantu anda memberikan solusi yang jitu untu menanganinya, karena semua yang saya ceritakan disini ialah pengalaman pribadi, maka saya tau persis bagaimana terkena serangan MDK3 tersebut.
Walaupun saya juga pernah menjadi korban serangan MDK3, tapi saya tidak kehabisan akal untuk membalas semua serang itu, ya, lakukan serang balik hahaha. tapi bukan itu yang sebenarnya kita bahas melainkan solusi untuk mengatasi serangan MDK3 tersebut semacam ANTI-MDK3, jadi walaupun komputer dalam status terkena serangan MDK3 tapi masih bisa tetap terkoneksi ke Wi-Fi maupun internet.
Cara ini membutuhkan kecermatan anda untuk menemukan Mac Address pengguna MDK3, gunakan logika "Pengguna MDK3 tidak akan menyerang komputernya sendiri melainkan komputer orang lain, jadi biasanya pengguna MDK3 masih tetap terkoneksi walaupun pengguna Wi-Fi yang lain terputus, jika kita melakukan monitoring maka Mac Address yang memiliki "Frame" besar maka itulah yang kita anggap pengguna MDK3"
  • Sekarang buka terminal Linux kesayangan anda, kemudian ketikkan perintah: airmon-ng start wlan0
(Semua perintah yang akan kita lakukan sama dengan perintah Bypass Hotspot, jadi keterangan perintah tidak lagi saja jelaskan)
  • Kemudian perintah: airodump-ng mon0
  • Lakukan monitoring spesifik: airodump-ng mon0 --bssid (BSSID)
  • Kemudian salin Mac Address dibagian "STATION" yang memiliki "Frame" besar.
  • Sekarang lakukan kloning atau duplikat seperti yang sudah saya bahas pada Bypass Hotspot.
Setelah melakukan kloning atau duplikat Mac Address pengguna MDK3 maka Mac Address yang sedang di "Blacklist" oleh MDK3 kini tidak berpengaruh lagi dengan koneksi komputer anda sudah berstatus sebagai komputer Pengguna MDK3. Sekarang coba anda perhatikan koneksi Wi-Fi anda, jika sudah terhubung maka anda berhasil, tapi jika belum maka tunggu atau lakukan lagi dengan mengkloning atau duplikat Mac Address yang lain.

3. Melewati Portal Login @wifi.id

Macchanger: Tool Kloning Mac Address, ANTI-MDK3, Bypass Hotspot Dan @wifi.id

Sebelum kita membahas lebih jauh bagaimana cara ini dilakukan, jujur saya bilang ini adalah cara yang sama dengan melakukan Bypass Hotspot diatas, bahkan Video Hack @wifi.id sudah saya publikasi di Youtube, jadi ikuti cara tersebut untuk dapat mengakses layanan internet gratis dari @wifi.id. Karena cara atau teknik yang dilakukan sama dengan mengkloning Mac Address yang telah melakukan “Authentication” pada login @wifi.id.

4. Mengganti Mac Address untuk Mendapatkan IP Address Baru.

Macchanger: Tool Kloning Mac Address, ANTI-MDK3, Bypass Hotspot Dan @wifi.id

Mac Address itu dibuat unik, yaitu tidak ada yang sama, dengan itu Mac Address dijadikan identitas pisik dari sebuah komputer.

Setiap kompter yang terhubung ke Wi-Fi akan memiliki alamat IP (Internet Protokol) atau dikenal dengan IP Address, itu sudah menjadi standart dan pembagian IP Address diatur oleh DHCP (Dynamic Host Control Protokol) yang membagikan IP Address secara otomatis ketika sudah melewati proses perkenalan yang biasanya dikenal dengan sebutan ARP (Addressing Resolution Protokol), memang semua proses itu tidak bisa kita lihat hanya dengan melihat di layar anda tanpa menggunakan aplikasi Monitoring khusus, jika anda ingin melihat proses yang saya sebutkan diatas, anda bisa pasang aplikasi Wireshark pada sistem operasi anda.

IP Address yang diberikan oleh Access Point (AP) ataupun Router tidak ada yang sama, karena mengikuti Identitas komputer kita yaitu Mac Address. Jika kita berusaha melakukan kloning atau duplikat IP Address maka komputer kita tidak akan terkoneksi dengan jaringan tersebut karena besar kemungkinan akan terjadi terjadi konflik dengan IP Address yang masih aktif.

Jika anda bertanya, kenapa saya butuh IP Address baru, padahal IP Address yang sedang dipakai tidak ada masalah? Nah jawabannya ada pada diri anda masing-masing, jika anda mengingikan IP Address baru maka lanjutkan membaca, tapi apabila anda tidak menginginkannya, maka berhenti membaca, "Hubungan kita sampai disini saja, hahaha"

Jika anda masih bingung mengapa perlu IP Address baru, mungkin saya kasih tau sedikit, "Untuk anda yang ingin mengelabui sistem ataupun mendapatkan identitas baru". mengelabui sistem yang saya maksud ialah apabila ada seseorang yang melakukan scanning atau monitoring Wi-Fi maka anda bisa mengelabuinya dengan mengubah Mac Address komputer anda. Seperti ini logikanya "Anda sudah mengubah Mac Address komputer anda menjadi Mac Address perangkat HP Nokia padahal anda menggunakan komputer dengan merek Asus ataupun yang lainnya, dan saya sebagai orang yang sedang melakukan Scanning atapun Monitoring jaringan maka komputer anda dikenali sebagai perangkat HP Nokia pada aplikasi Scanning atau Monitoring" itulah yang saya maksud pengelabuan sistem.

Dan yang saya maksud mendapatkan identias baru ialah komputer anda akan mengubah kondisi yang semua menjadi kondisi baru, kembali lagi kita bermain logika "misal komputer anda tidak bisa terhubung ke Wi-Fi karena identitas komputer anda tidak diizinkan lagi mengakses Wi-Fi tersebut atau di Blacklist yang mungkin disebabkan oleh kejailan yang anda lakukan di Wi-Fi atau alasan yang lainnya, maka pergantian Mac Address menjadi solusi terbaik untuk itu karena kita sudah mengubah identitas komputer" . Teknik ini bisa anda gunakan apabila Mac Address anda di Blok oleh Admin pada sistem Router Access Point.
  • Buka terminal cantik kesayangan anda dan ketikkan perintah: ifconfig wlan0 down
  • Kemudian ketikkan perintah: macchanger -r wlan0
(opsi "-r" digunakan untuk mengubah Mac Address secara acak atau random, anda bisa menggunakan opsi "-m" jika anda ingin mengubah Mac Address secara manual seperti cara Bypas Hotspot diatas)
  • Setelah itu ketikkan perintah: ifconfig wlan0 up
  • Kemudian tunggu beberapa menit supaya interface wlan0 komputer anda hidup kembali.
  • Untuk melakukan pemeriksaan, apakah Mac Address komputer anda kembali berubah atau tidak, ketikkan perintah: ifconfig wlan0

Jika Mac Address komputer anda kembali seperti semula, maka lakukan lagi langkah-langkahnya dari awal, tapi jika tidak, saya ucapkan selamat mendapatkan identitas baru, semoga anda senang dan bahagia, hahaha.

5. Melakukan Hacking, Cracking Dengan Menggunakan Identitas Palsu.

Macchanger: Tool Kloning Mac Address, ANTI-MDK3, Bypass Hotspot Dan @wifi.id

Last One, saya akui lelah sekali menulis sebanyak ini, tapi demi berbagi pengalaman dan pemikiran, saya akan kuatkan tangan, hati dan pikiran untuk terus menulis sampai selesai, pastikan juga Kopi anda masih ada untuk beberapa teguk lagi.

Pada pembahasan yang  terakhir ini, tidak berbeda dengan cara Nomor 4 yaitu Membuat Identitas Baru, tapi hanya pemanfaatannya berbeda, ini menurut versi saya pribadi.

Pada saat anda melakukan aktifitas Hacking ataupun Cracking melalui suatu jaringan, pasti anda tidak mau identitas anda ketahuan, baik itu diketahui oleh sistem maupun oleh user. Salah satu cara untuk memalsukan identitas  ialah dengan mengganti Mac Address. Tapi yang harus anda ingat ialah "Bukan tidak bisa dilacak", ini hanya mengelabui sistem seperti yang saya katakan sebelumnya. Jika anda memang ingin "Tidak Terlacak", anda bisa memakai jaringan Tor seperti yang saya tulis dipostingan "Sudah Saatnya Kita Mengenal TOR (The Onion Router)" atau anda bisa mengkombinasikan keduanya, antara jaringan TOR dengan Mac Address palsu ataupun dengan menambahkan dukungan VPN (Virtual Private Network) diantara keduanya.

Saya rasa cukup sekian saja yang sanggup saya tulis dipostingan ini, jari saya sudah gepeng dan tombol keyboard sudah mulai pudar hurufnya dan pastinya pembaca juga sudah bosan membaca tulisan ini sampai akhir.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi pembaca maupun penulis sehingga saya sebagai penulis tidak pernah bosan untuk menulis postingan yang berkualitas untuk kedapannnya, Good Luck Broo!.
Jangan lupa dibagikan postingannya ataupun di kasih kritik dan saran yang membangun, terima kasih.

0 Response to "Macchanger: Tool Kloning Mac Address, ANTI-MDK3, Bypass Hotspot Dan @wifi.id"

Posting Komentar