Cara Flash Firmware / Stock ROM OFP Menggunakan MSMDownloadTool / DownloadTool

Cara Flash Firmware / Stock ROM OFP Oppo Menggunakan MsmDownloadTool / DownloadTool

MsmDwnloadTool (Untuk Qualcomm) atau DownloadTool (Untuk Mediatek) adalah aplikasi komputer yang khusus digunakan untuk melakukan Flashing Firmware yang memiliki format file .OFP, format ini sering ditemukan pada Firmware perangkat smartphone Oppo ataupun perangkat yang mendukung format Firmware .OFP, oleh karena itu biasanya MsmDownloadTool dan DownloadTool sering digunakan untuk melakukan Flashing Firmware pada perangkat smartphone Oppo.

Flashing Firmware biasanya dilakukan karena beberapa masalah yang terjadi pada perangkat Smartphone, seperti, Bootloop, Brick, Stuck in Logo, Stuck in FRP, Lupa Pola atau Kata Sandi, Mati Total dan lain sebagainya. Tapi perlu Anda ingat adalah Mati Total yang dimaksud merupakan masalah yang berasal dari sistem perangkat lunak bukan berasal dari masalah perangkat keras dari perangkat smartphone itu sendiri.

Melakukan Flashing Firmware / Stock ROM untuk menyelesaikan masalah-masalah sistem yang terjadi pada perangkat smartphone Oppo dengan harapan semua masalah tersebut bisa diatasi dengan baik. MsmDownloadTool dan DownloadTool bukan satu-satunya Tool yang digunakan untuk melakukan Flashing Firmware, ada beberapa Tool lainnya yang juga bisa Anda gunakan untuk melakukan Flashing Firmware, seperti, SPFT (SmartPhone Flash Tool) untuk perangkat Oppo yang menggunakan Chipset Mediatek (MTK) dan QPST (Qualcomm Product Support Tool) untuk perangkat smartphone Oppo yang menggunakan Chipset Qualcomm.

Untuk Firmware Oppo yang menggunakan Chipset Qualcomm umumnya akan terdapat MSMDownloadTool didalam file Firmware OFP perangkat tersebut, tapi untuk perangkat Oppo yang menggunakan Chipset Mediatek biasanya tidak terdapat aplikasi DownloadTool didalam firmware perangkat tersebut sehingga harus menambahkan secara manual dengan cara menyalin file DownloadTool kemudian menempelkannya kedalam folder Firmware. Tapi, jika Anda tidak bisa menemukan MSMDownloadTool pada file Firmware perangkat Android yang menggunakan Chipset Qualcomm, Anda bisa mengunduhnya pada postingan ini, kemudian meletakkan secara manual didalam file Firmware tersebut.

Untuk mengenali jenis Firmware yang bisa di Flashing menggunakan SPFT dan QPST adalah jika Firmware untuk SPFT maka akan terdapat file "Scatter" (contoh: MT6582_Android_scatter.txt) di dalam file Firmware, sedangkan QPST maka akan terdapat file "Firehose" (contoh: prog_emmc_firehose_8916.mbn) di dalam file Firmware perangkat smartphone Oppo. Biasanya kedua jenis Firmware ini tidak menggunakan format kompres seperti .OFP, .RAW, .PAC, .CPB dan lain sebagainya.

Tapi, walaupun ada beberapa Tool yang bisa digunakan untuk melakukan Flash Firmware Oppo, pada postingan ini khusus membahas Flash Firmware .OFP menggunakan MsmDownloadTool dan DownloadTool. Untuk melakukan Flash Firmware .OFP pada perangkat smartphone Oppo maka ikuti langkah demi langkah seperti dibawah ini:

Persyaratan:

  1. Pastikan perangkat smartphone Oppo Anda memiliki daya baterai 40% atau lebih agar perangkat tidak Mati saat sedang melakukan Flashing.
  2. Pastikan Anda memiliki Kabel USB yang baik, kalau bisa menggunakan Kabel USB bawaan dari perangkat smartphone itu sendiri.
  3. Tentunya Anda harus memiliki komputer untuk melakukannya.
  4. Download dan Install Android USB Driver pada komputer Anda, MTK USB Driver untuk Chipset Meditek atau Qualcomm USB Driver untuk Chipset Qualcomm.
  5. Download dan ekstrak file DownloadTool_V1728.31 (untuk Chipset Mediatek) atau MSMDownloadTool_V3.0 (untuk Chipset Qualcomm).
  6. Download dam ekstrak file Firmware .OFP sesuai perangkat Oppo yang ingin Anda Flashing.

Cara Flashing Firmware / Stock ROM OFP Menggunakan DownloadTool (Untuk Chipset Mediatek)

  • Setelah semua alat dan bahan dipersiapkan, maka sekarang lakukan penyalinan file yang ada didalam folder DownloadTool_V1728.31 ke dalam folder Firmware .OFP Oppo.
  • Setelah itu, lakukan "klik-kanan" pada file "DownloadTool.exe" kemudian pilih "Run As Administrator". Note: jika Anda melihat pesan "CmDongle runtime system is not installed!" ataupun "The Directory Name is Invalid", "Check phe path, and then try again" ataupun Anda ingin mengaktifkan mode "Format Download" dan tombol "Start All" tidak bisa di-klik maka Anda bisa mengatasinya dengan cara melakukan langkah demi langkah pada postingan "MsmDownloadTool And DownloadTool_Vxx: Problems And Solutions".
  • Jika jendela DownloadTool_V1728.31 berhasil muncul dan file Firmware di-load dengan baik, pastikan Anda memilih opsi "Upgrade Download" dan mencentang "Select All", maka sekarang Anda lakukan adalah klik tombol "Start All" pada jendela aplikasi tersebut.
Cara Flash Firmware / Stock ROM OFP Menggunakan MsmDownloadTool / DownloadTool

  • Setelah Anda klik tombol "Start All" maka DownloadTool akan bersiap untuk melakukan Flashing Firmware, hanya menunggu terhubungnya perangkat smartphone yang akan di flashing.
Cara Flash Firmware / Stock ROM OFP Menggunakan MsmDownloadTool / DownloadTool

  • Sekarang matikan perangkat Oppo Anda dan diamkan sebentar.
  • Sekarang hubungkan Kabel USB dari Komputer ke perangkat Oppo Anda, kemudian masuk ke Mode EDL dengan cara menekan dan menahan tombol Boot yaitu tombol "Volume Down" dan "Volume Up" secara bersamaan.
Cara Flash Firmware / Stock ROM OFP Menggunakan MsmDownloadTool / DownloadTool



  • Jika tidak ada kendala yang berarti maka sekarang Anda akan melihat proses Flashing berlangsung pada jendela aplikasi DownloadTool. Note: Jika perangkat Oppo Anda tidak terdeteksi di komputer, maka periksa MTK USB Driver terpasang dengan baik atau tidak ataupun Kabel USB yang Anda gunakan.
  • Setelah proses berjalan, sekarang Anda boleh melepas tombol "Volume Down dan Up" dan bersantai sejenak sambil menunggu proses Flashing selesai 100%.
Cara Flash Firmware / Stock ROM OFP Menggunakan MsmDownloadTool / DownloadTool

  • Setelah proses Flashing Firmware selesai dengan baik, maka sekarang nyalakan perangkat Oppo Anda kembali. Saya berharap perangkat Oppo Anda bisa berjalan dengan normal kembali.

Cara Flashing Firmware / Stock ROM OFP Menggunakan MSMDownloadTool (Untuk Chipset Qualcomm)

  • Cara Flash Firmware .OFP menggunakan MSMDownloadTool tidak jauh berbeda dengan cara flash menggunakan DownloadTool diatas yaitu sama-sama membutuhkan firmware .OFP, hanya saja MSMDownloadTool di khususkan untuk firmware .OFP untuk perangkat Android yang menggunakan Chipset Qualcomm. Jika firmware OFP tidak sesuai dengan Chipset Qualcomm, maka MSMDownloadTool akan merespon dengan pesan "The Format of the flash package is wrong or the flash package dont match the download tool" ketika Anda melakukan Klik pada aplikasi Flash Tool tersebut.

Cara Flash Firmware / Stock ROM OFP Menggunakan MsmDownloadTool / DownloadTool

  • Ok, saya harap Anda sudah mengerti perbedaan antara DownloadTool dengan MSMDownloadTool, maka dengan begitu Anda sudah bisa melanjutkan langkah untuk Flashing Firmware OFP menggunakan MSMDownloadTool.
  • Setelah semua alat dan bahan dipersiapkan, maka sekarang lakukan penyalinan file yang ada didalam folder MSMDownloadTool_V3.0 ke dalam folder Firmware .OFP Oppo.
  • Sekarang matikan perangkat Smartphone Anda, diamkan sebentar, kemudian hubungkan menggunakan Kabel USB dari komputer ke perangkat Smartphone Anda, sambil masuk ke Mode EDL dengan cara menekan dan menahan tombol "Volume Up dan Volume Down" secara bersamaan. Note: Pastikan sebelumnya Anda sudah memasang Qualcomm USB Driver dengan baik dan benar, sehingga ketika Anda menghubungkan komputer dengan perangkat Smartphone maka akan muncul "Qualcomm HS-USB QDLoader Driver" pada "Device Manager".
  • Jika perangkat smartphone Anda sudah benar-benar terhubung ke komputer, maka, setelah itu, lakukan "klik-kanan" pada file "MSMDownloadTool.exe" kemudian pilih "Run As Administrator". Note: jika Anda melihat pesan "CmDongle runtime system is not installed!" ataupun "The Directory Name is Invalid", "Check phe path, and then try again" ataupun Anda ingin mengaktifkan mode "SMT Download Mode" dan tombol "Start" tidak bisa di-klik maka Anda bisa mengatasinya dengan cara melakukan langkah demi langkah pada postingan "MsmDownloadTool And DownloadTool_Vxx: Problems And Solutions".
  • Jika jendela MSMDownloadTool_V3.0 berhasil muncul dan file Firmware di-load dengan baik, pastikan Anda memilih opsi "After-sales Upgrade Mode", setelah itu, sekarang Anda lakukan adalah klik tombol "Refresh" pada jendela aplikasi tersebut. Kemudian klik pada tombol "Verify".
Cara Flash Firmware / Stock ROM OFP Menggunakan MsmDownloadTool / DownloadTool

  • Setelah itu, maka sekarang Anda klik pada tombol "Start" untuk memulai Flashing Firmware OFP. Dan akan muncul notifikasi setelah anda men-klik tombol tersebut, sekarang klik pada tombol "Yes" untuk menyetujui isi pesan notifikasi tersebut.
Cara Flash Firmware / Stock ROM OFP Menggunakan MsmDownloadTool / DownloadTool

  • Tidak lama kemudian, proses flash firmware akan terjadi, dan Anda hanya menunggu proses tersebut selesai.
Cara Flash Firmware / Stock ROM OFP Menggunakan MsmDownloadTool / DownloadTool


Demikian saja yang dapat saya tulis pada postingan ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi Anda yang mengikuti tutorial Flashing Firmware .OFP Pada Perangkat Oppo ini. Jika ada masukan ataupun pertanyaan terkait postingan ini, silahkan tulis pada kolom komentar dibawah postingan. Terima kasih!.

Related Posts:

0 Response to "Cara Flash Firmware / Stock ROM OFP Menggunakan MSMDownloadTool / DownloadTool"

Posting Komentar